APA ITU SEL? DAN SIAPAKAH PENEMU SEL? (Pengertian Sel dan Tokoh Penemu Sel)

Assalamualaikum WR.WB. Halo para sahabat Pelajar Berilmu. Pada kesmpatan kali ini kita akan memberikan sebuah materi yang sering dipertanyakan oleh kalangan para pelajar yaitu membahas tentang Apa Itu Sel? dan Siapakah Penemu Sel? tentu itu pertanyaan besar. Dari pada kawan kawan penasaran, lebih baik mari kita simak teori teori yang bersumber dari para peneliti yang pernah meneliti dan ikut campur tangan dalam proses penemuan sel-sel yang menyusun tubuh mahluk hidup yang berada diseluruh muka bumi ini. Tetapi sebelum menjurus ke pembahasan tentang Siapakah Penemu Sel?. Kita perlu tau mengenai pengertian sel terlebih dahulu. Apa Itu Sel?

Pengertian Sel
Sel, seluruh mahluk hidup pasti tersusun dari bagian bagian kecil yang disebut Sel, baik mahluk hidup makroskopis ataupun mikrosopis semua tersusun atas banyak Sel. Sel adalah struktural tingkatan kehidupan terendah yang memiliki seluruh sifat sifat kehidupan, seperti reproduksi, pemanfaatan energi dalam tubuh kita, pertumbuhan dan perkembangan, respon terhadap lingkungan, pengaturan tubuh, dan adaptasi terhadap lingkungan disekitarnya. Keteraturan kehidupan diatur oleh setiap Sel dalam tingkatan molekuler. tingkatan molekuler tersebut akan menyusun sebuah tingkatan struktural kehidupan yang lebih besar lagi, yaitu akan menbentuk; jaringan, organ, dan sistem organ.

Setelah kalian paham atas pengertian tentang Sel. Barulah masuk ke pertanyaan yang berikutnya yaitu "Siapakah Penemu Sel?" Dari pada penasaran, marilah kita bahas siapa saja orang orang yang berkaitan dan terlibat dalam penemuan sel sel molekuler didalam tubuh kita.

Tokoh Penemu Sel
Sel pertama kali ditemukan pada tahun 1665 oleh seoran ilmuan asal Inggris bernama Robert Hooke. Pada saat itu Hooke mencoba mengamati sel gabus dari dinding sel tumbuhan yang sudah mati dengan menggunakan mikroskop sederhana. lalu dia melihat sebuah ruang kosong kecil yang kemudian dinamakan dengan sebutan Sel (cellula). 

Lalu penemuan tentang sel mulai berkembang saat Antonie Van Leeuwenhoek menjadi orang yang pertama kali melihat sel hidup dari alga Spirogyra dan bakteri menggunakan mikroskop pada tahun 1674. Sejak saat itu, banyak para ilmuan diseluruh dunia yang berlomba-lomba untuk melakukan percobaan tentang sel. Dan banyak yang mencoba mengungkapkan teori-teori tentang sel, yaitu: 

  • Jean Baptiste de Lamarck (1809) yang menyatakan bahwa setiap badan hidup merupakan kumpulan sel-sel yang menyatu.
  • Ludolf Christian Treviranus dan Johann Jacob Paul Moldenhawer menyatakan bahwa individu merupakan kesatuan dari sel-sel.
  • Henri Dutrochet menyatakan bahwa sel merupakan elemen fundamental dari seluruh organisme.
  • Theodore Schwann (ahli anatomi hewan) dan Matthias Jakob Schleiden (1838) menyatakan bahwa sel merupakan unit dasar kehidupan dan setiap mahluk hidup tersusun dari banyak sel-sel.
  • Felix Dujardin (1835) menyatakan bahwa bagian terpenting dari sel hidup adalah cairan yang selau terdapat dalam sel hidup.
  • Johannes Purkinje (1840) memperkenalkan istilah protoplasma yang merupakan cairan didalam sel.
  • Max Schultze berpendapat bahwa protoplasma merupakan struktur dasar kehidupan dan merupakan bagian penting dari sel.
  • Rudolf Ludwig Karl Virchow (1858) menyatakan bahwa sel berasal dari sel sebelumnya (omnis cellula e cellula),
  • Robet Brown menemukan nukleus(inti sel) pada sel tanaman anggrek. ia berpendapat bahwa nukleus memiliki arti penting bagi sel, karena mengatur segala aktivitas dalam sel.
  • R. Strasburger menyatakan bahwa setiap inti sel berasal dari inti sebelumnya yang melalui proses pembelahan. 
  • C. Bernard menyatakan bahwa inti sel merupakan struktur terpenting dari sel yang mengatur seluruh pekerjaan sel.
Berdasarkan hasil penemuan-penemuan dan penelitian-penelitian para ilmuan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa:
  1. Semua mahluk hidup makroskopis maupun mikroskopis tersusun atas sel sel.
  2. Sel merupakan unit struktural terkecil mahluk hidup yang menjadi komponen dasar penyusun tubuh mahluk hidup.
  3. Sel merupakan unit funsional karena sel melakukan suatu fungsi kehidupan, seperti sitesis protein yang berhubungan dengan pembentukan sifat morfologis dan fisiologis, reproduksi dalam proses perkembangan dan pertumbuhan, melakukan respon, melakukan pemanfaatan energi dalam tubuh, dan lain-lain.
  4. Semua sel pasti berasal dari sel sebelumnya yang dari waktu ke watu akan terus membelah memperbanyak dirinya agar membentuk sebuah jaringan, organ, maupun sistem organ.
  5. Sel merupakan unit herdeitas yang dapat mewariskan sifat genetik dari satu generasi ke generasi berikutnya yang terus menerus.
       
Oleh sebab itu, kita sebagai mahluk hidup yang terdiri dari jutaan bahkan milyaran sel, sebaiknya harus selalu menjaga sel sel tubuh kita dengan asupan nutrisi yang baik, supaya kita tetap sehat dan sel sel yang berada dalam tubuh kita akan bekerja dengan baik sesuai kendali dan semua sistem ditubuh kita bekerja dengan normal dan baik seperti yang kita harapkan.

Nah mugnkin cukup pembahasan kali ini tentang Pengertian Sel dan Tokoh Penemu Sel di dalam tubuh mahluk hidup dimuka bumi ini. Semoga bermanfaat bagi para sahabat Pelajar Berilmu.

Wassalamualaikum.WR.WB

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »