OBJEK DAN PERMASALAHAN BIOLOGI : Ruang Lingkup Biologi, Cabang-cabang Ilmu Biologi, Peran Biologi bagi Kehidupan

Hai Sahabat Pandaibelajar kali ini admin akan membahas mengenai pelajaran biologi dasar, dimana materi yang akan dijelaskan lebih lanjut adalah Objek dan Permasalahan Biologi. Admin akan membahas bab ini dengan sangat LENGKAP mulai dari Ruang Lingkup Biologi, Cabang-cabang Ilmu Biologi, Peran Biologi bagi Kehidupan. Yuk kita liat peta konsepnya!
www.pandaibelajar.com
Objek dan Permasalahan Biologi
Sebuah ilmu diciptakan atau ditemukan tentunya untuk menyelesaikan sebuah permasalahan yang muncul terhadap suatu objek. Nah untuk mengetahui obej dan permasalahan apa saja yang ada dibiologi mari kita pelajari lebih lanjut!

A. Ruang Lingkup Biologi
     
Kata Biologi bukanlah berasal dari bahasa Indonesia, namun berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua penggalan kata yaitu bios yang berarti hidup dan logos yang artinya ilmu. Secara keseluruhan Biologi artinya ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup, biologi juga menjadi ilmu dasar bagi ilmu-ilmu terapan seperti kedokteran, pertanian maupun peternakan. Bicara mengenai ruang lingkup biologi disini mencakup berbagai macam makhluk hidup dan juga makhluk yang pernah hidup. Ilmu biologi mempelajari hal yang sangat luas mengenai semua makhluk hidup, baik makhluk uniseluler maupun multiseluler yang hidup di bumi. Adapun kajian dalam Biologi diklasifikasikan menjadi lima kingdom, yaitu sebagai berikut

  • Monera (Eubacteria dan Archaebacteria) = makhluk hidup yang tidak memiliki membran inti, namun memiliki DNA atau asam inti sebagai bahan intinya.
  • Protista = makhluk hidup yang uniseluler atau multiseluler dan memiliki membran inti, semua proses kehidupan atau kegiatan makhluk Protista dilakukan oleh sel itu sendiri.
  • Fungi = Fungi atau jamur merupakan makhluk hidup yang tidak mempunyai kloroplas.
  • Plantae = Biasa disebut tumbuhan merupakan makhluk hidup yang memiliki kloroplas dan bersel banyak.
  • Animalia = animalia atau kingdom hewan, mempunyai ciri-ciri dimana sel-selnya memiliki membran inti dan tentunya tidak memiliki kloroplas.
Objek dari Biologi berupa tingkat organisasi makhluk hidup, dari yang paling sederhana hingga paling kompleks. Apa saja tingakatan tersebut? mari kita pelajari.
  1. Tingkat Molekul : Molekul merupakan partikel penyusun sel makhluk hidup yang paling sederhana.
  2. Tingkat Sel : Sel merupakan unit kehidupan terkecil dari makhluk hidup.
  3. Tingkat Jaringan : Jaringan merupakan sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi sama.
  4. Tingkat Organ : Organ merupakan kumpulan berbagai jaringan yang menjalankan suatu fungsi tertentu dalam tubuh makhluk hidup
  5. Tingkat Sistem Organ : Sistem Organ merupakan kumpulan berbagai organ yang saling bekerja sama menjalankan fungsi tertentu dalam tubuh makhluk hidup.
  6. Tingkat Individu : Individu merupakan organisme tunggal yang memiliki berbagai sistem organ di dalam tubuhnya.
  7. Tingkat Populasi : Populasi merupakan kumpulan individu sejenis yang menempati suatu tempat tertentu pada waktu yang sama.
  8. Tingkat Komunitas : Komunitas merupakan kumpulan berbagai populasi yang saling berinteraksi dalam suatu area yang sama.
  9. Tingkat Ekosistem : Ekosistem merupakan bentuk organisasi kehidupan hasil interaksi antar makhluk hidup penyusun komunitas dengan lingkungannya.
  10. Tingkat Bioma : Bioma adalah daratan yang sangat luas  yang juga memiliki iklim, tanah, tumbuhan, dan hewan yang sama.
  11. Tingkat Biosfer : Biosfer merupakan tingkat organisasi kehidupan yang paling kompleks karena terdiri atas berbagai macam ekosistem yang ada di seluruh dunia.
B. Cabang-cabang Ilmu Biologi
     
Biologi merupakan Ilmu yang memiliki ruang lingkup yang sangat luas dan telah berkembang membentuk cabang-cabang ilmu biologi. Adapun beberapa cabang-cabang yang terdapat dalam ilmu biologi ialah sebagai berikut:
  1. Anatomi : Anatomi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai struktur dalam tubuh makhluk hidup. Anatomi berasal dari kata Yunani yaitu ana dan tome  yang berarti memotong atau memisahkan.
  2. Botani : Botani merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai tumbuhan dan kehidupannya.
  3. Ekologi ; Ekologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungan.
  4. Embriologi : Embriologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari tahapan perkembangan makhluk hidup dari zigot hingga menjadi organisme.
  5. Evolusi : Evolusi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang sejarah perkembangan kehidupan makhluk hidup masa lampau hingga sekarang.
  6. Entomologi : Entomologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari serangga dan kehidupannya.
  7. Fisiologi : Fisiologi mempelajari proses dan kegiatan di dalam tubuh makhluk hidup.
  8. Genetika : Genetika merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari pewarisan sifat makhluk hidup kepada keturunannya.
  9. Histologi : Histologi mempelajari jaringan tubuh makhluk hidup.
  10. Mikrobiologi : Mikrobiologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari mikroorganisme dan kehidupannya.
  11. Parasitologi  : Parasitologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari organisme parasit dan pengaruh parasit dalam kehidupan.
  12. Taksonomi : Taksonomi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari pengelompokan makhluk hidup ke dalam tingkatan-tingkatan tertentu.
  13. Zoologi : Zoologi  merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari hewan dan kehidupannya.
C. Peran Biologi Bagi Kehidupan.
     Biologi telah memberikan sumbangan yang besar bagi kehidupan manusia dan lingkungan. Biologi telah dimanfaatkan untuk menghasilkan produk-produk yang bermanfaat bagi manusia. Di bidang industri makanan, biologi dimanfaatkan untuk menghasilkan produk-produk bahan dasar olahan makanan seperti kecap, roti, tapai dan keju yang menggunakan teknologi fermentasi oleh mikroorganisme tertentu seperti bakteri dan jamur. Di bidang kesehatan Biologi sangat banyak manfaatnya salah satunya yaitu untuk menghasilkan produk seperti obat dan vaksin. Di bidang pertanian dan peternakan, biologi juga dimanfaatkan dalam memproduksi bibit tanaman dan hewan peternakan yang berkualitas melalui kultur jaringan, rekayasa genetika, seleksi hibridasi, maupun mutasi gen tertentu.

Mungkin hanya segitu yang dapat admin ulas sahabat pandaibelajar sekalian, untuk lebih jelasnya sabahat sekalian dapat menghubungi admin melalui FansPage yang telah admin sediakan, jangan lupa dibagikan pada teman-teman yang lain yaa, Terima Kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »