MEMBACA GRAFIK (Tujuan, Fungsi, Manfaat, Jenis-jenis, dan Langkah-langkah Membaca Grafik)

Hallo, Assalamualaikum sahabat Pandai Belajar. Kali ini admin masih membahas tentang materi Membaca. Materi yang kami bahas kali ini adalah Membaca Grafik. Di dalam bahasan kali ini terbagi menjadi beberapa kajian yaitu, Pengertian Membaca Grafik (disertai dengan pendapat para ahli dan referensi lainnya), Tujuan Pembuatan Grafik, Fungsi Grafik, Jenis-jenis Grafik atau Macam-macam grafik, Manfaat Grafik, dan Langkah-langkah Membaca Grafik atau Cara Membaca Grafik dengan Baik dan Benar. Langsung saja kita baca dengan seksama bahasan di bawah ini.


GRAFIK

1. Pengertian Membaca Grafik

    Menurut Soedarso (2001: 103)  grafik adalah gambaran suatu data secara efektif berupa penyampaian ide yang kompleks secara mudah kepada pembaca. Ciri utama grafik adalah sederhana tetapi jelas. Grafik memberikan gambaran perbandingan atau gambaran asosiasi antara dua atau beberapa variabel serta menyusun dan mengikhtisarkan serta melaporkan hubungan antara data statistik dengan bagian-bagian lain secara komprehensif, padat, singkat, dan sederhana. Grafik merupakan bentuk penyajian visual yang dipakai untuk membandingkan jumlah data pada saat-saat yang berbeda. Banyak hal yang harus diuraikan secara panjang lebar dapat ditunjukan dengan sekejap dengan menggunakan gambar grafik. 
     Sedangkan pengertian grafik menurut Wikipedia (2016 : 1) Grafika (dari bahasa Inggris "Graphic") adalah presentasi visual pada sebuah permukaan seperti dinding, kanvas, layar komputer, kertas, atau batu bertujuan untuk memberi tanda, informasi, ilustrasi, atau untuk hiburan. Contohnya adalah: foto, gambar, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasi, dan warna. 
       Pengertian grafik menurut Ermanto (2008 : 151) adalah lukisan naik turunnya suatu keadaan (turun naiknya hasil, statistik) dengangaris atau gambar. Dalam grafik selalu terdapat perkembangan suatu persoalan (beberapa persoalan) secara kronologis seperti urutan waktu, urutan kejadian (lazim terletak secara horizontal), dan kuantitas persoalan itu digambarkan melalui persentase, atau jumlah. Dalam grafik, terlihat dengan mudah hubungan perkembangan suatu persoalan dengan kuantitasnya yang lazim digambarkan dengan garis yang nyata atau garis yang imajinatif seperti puncak-puncak balok (dalam diagram batang). 
      Dapat diketahui bahwa pengertian grafik adalah gambaran data yang disajikan secara efektif berupa presentasi visual untuk memberi tanda, informasi, ilustrasi, atau untuk hiburan, dan untuk menyampaikan ide yang kompleks secara mudah kepada pembacanya. Ciri utama grafik adalah sederhana (visualnya yang sederhana) tetapi isinya mencakup keseluruhan dan jelas. Pengertian grafik di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Aplikasi Offline (2012 : 1) adalah lukisan pasang surut suatu keadaan dengan garis ataupun gambar (turun naiknya hasil, statistik, dan sebagainya).

a. Tujuan Pembuatan grafik

Tujuan dari pengunaan grafik dalam penyajian data ialah untuk menunjukkan perbandingan  antara data satu dengan data yang lain secara informasif yang kualitatif dengan tampilan yang  sederhana. Data-data yang berupa uraian deskriptif yang banyak dan juga kompleks bisa diubah menjadi bentuk yang sederhana dengan menggunakan grafik. Sehingga jika sebuah grafik sulit dibaca atau dipahami berarti garfik tersebut sudah kehilangan manfaatnya.

b. Fungsi Grafik

Fungsi dari grafik adalah untuk menggambarkan data-data yang berupa angka-angka kebetuk yang lebih sederhana secara teliti dan menjelaskan perkembangan serta perbandingan suatu obyek ataupun peristiwa yang saling berhubungan secara singkat dan jelas. Jadi dapat disimpulkan fungsi grafik:

  1. Menggambarkan data kuantitatif dengan betuk sederhana namun teliti.
  2. Menjelaskan perkembangan, perbandingan suatu obyek ataupun peristiwa yang saling berkaitan secara singkat, padat dan jelas.
c. Macam-macam Grafik

Grafik dibedakan mejadi tiga macam, yaitu grafik batang, grafik garis, dan grafik lingkaran.

1. Grafik Batang
Garafik batang adalah lukisan naik turunnya data berupa batang atau balok dan dipakai untuk menekankan adanya perbedaan tingkatan atau nilai berupa aspek.

2. Grafik Garis
Grafik garis adalah lukisan naik turunya data berupa garis yang di hubungkan dari titik-titik data secara berurutan. Grafik ini di gunakan untuk menggambarkan perkembangan atau perubahan dari waktu ke waktu.

3.  Grafik Lingkaran
Grafik lingkaran adalah gambaran naik turunnya data berupa lingkaran untuk menggambarkan persentase dari nilai total atau seluruhnya.

d. Manfaat Grafik

1. Menunjukan fakta dengan jelas dan mudah dipahami.
2. Menjadikan proses komunikasi lebih cepat dan menarik.

e. Langkah-langkah Menbaca Grafik

Menurut Sudarso ada empat langkah membaca grafik, yaitu:
1.    Membaca judul grafik.
2.    Membaca informasi yang ada dan isi grafik.
3.    Mengubah judul dengan menjadikan sebuah pertanyaan.
4.    Baca grafik secara menyeluruh dan ingatlah tujuan dari grafik
       tersebut.

Cara membaca grafik menurut Wahyuni (2010 : 1) sebagai berikut.

  1. Perhatikan judul. Jangan lupa untuk membacanya karna judul merupakan inti dari grafik tersebut.
  2. Membaca informasi yang tertulis. Seperti yang ada dikanan maupun yang dikiri. biasanya berkenaan dengan jumlah, bulan, tahun, dan sebagainya.
  3. Membaca keseluruhan isi. Ini adalah bagain terpenting,

       Menemukan perbedaan yang mencolok pada data tersebut, baca dengan teliti informasi dari kiri kekanan, dari atas kebawah. Cermati angka–angka yang ada dalam grafik. Kamu dapat menambah informasi seperti nilai terendah, nilai tertinggi, nilai kenaikan, nilai penurunan, kenaikan terbanyak, kenaikan terendah, penurunan terbanyak, penurunan terendah, objek terbanyak, objek terendah. Ini dapat kamu tamabh sebagai pelengkap tabel grafik, ingat tambah seanyak-anyaknya informasi yang kemu dapat dalam grafi, sehingga meminimalis makna tersirat yanga ada dalam grafik.

KEPUSTAKAAN

Depdikbud. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia Qtmedia. Google Play Store.

Ermanto. 2008. Keterampilan Membaca Cerdas.Padang : UNP Press.

Nurhadi. 2016. Teknik Membaca. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Soedarso. 2001. Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka                Utama.

Tarigan. 1979. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: PT Angkasa.








Share this

Related Posts

Previous
Next Post »