MEMBACA TABEL (Pengertian, Tujuan, dan Langkah-langkah Membaca Tabel)

Assalamualaikum sahabat Pandai Belajar, kali ini kami akan membahas tentang Keterampilan Membaca. Keterampilan membaca yang akan dibahas kali ini lebih memfokuskan kepada Membaca Tabel. di dalam pembahasan ini terdapat beberapa sub judul yaitu, pertama Pengertian Membaca Tabel (disertai Pengertian Membaca Tabel Menurut Para Ahli dan berbagai referensi lainnya), kedua Tujuan dibuatnya Tabel, Hal-hal yang diperlukan dalam Menafsirkan Tabel, dan Cara Membaca Tabel atau Langkah-langkah Membaca Tabel. Langsung saja masuk ke pembahasan di bawah ini.

www.pandaibelajar.com

TABEL

1. Pengertian Membaca Tabel


      Tabel adalah daftar berisi ikhtisar dari sejumlah fakta dan informasi. Bentuknya berupa kolom-kolom dan baris-baris. Cara membaca memindai merupakan salah satu teknik membaca sekilas. Biasanya fakta atau informasi itu hanya berupa nama dan bilangan yang tersusun dalam urutan kolom dan baris. Tabel merupakan alat bantu visual yang berfungsi menjelaskan suatu fakta atau informasi secara singkat, jelas, dan lebih menarik daripada kata-kata. Sajian informasi yang menggunakan tabel lebih mudah dibaca dan disimpulkan.
       Pengertian tabel menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Aplikasi Offline (2012 :1) adalah daftar berisi ikhtisar sejumlah (besar) data informasi, biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara bersistem, urut ke bawah dalam lajur dan deret tertentu dengan garis pembatas sehingga dapat dengan mudah disimak. Menurut Nurhadi (2015 : 53) tabel adalah sajian data yang berupa angka-angka yang disajikan dalam bentuk baris dan kolom yang diklasifikasikan secara sistematis menurut kesatuan tertentu.
       Jadi, dapat disimpulkan dari pemaparan di atas bahwa membaca tabel adalah jenis kegiatan membaca untuk mendapatkan informasi yang disajikan oleh penulis (pembuat tabel) yang berfokus kepada pemaknaan atau untuk mendapatkan informasi dari sebuah tabel.

2. Tujuan dibuat Tabel

a. Dapat memberikan banyak informasi secara ringkas.
b. Mempemudah pembaca dalam memahami bacaan.
c. Menjelaskan suatu fakta.
d. Menjelaskan informasi.
e. Disajikan secara singkat, jelas, dan lebih menarik dari pada kata-kata.

3. Hal-hal yang diperhatikan dalam Menafsirkan Tabel

a. Mencermati bagian-bagian tabel
b. Membaca informasi di sekitar tabel
c. Mengajukan pertanyaan tentang isi tabel
d. Menafsirkan angka-angka atau data dalam tabel tabel
e. Mengaitkan antar data dengan tabel
f. Mengambil kesimpulan

4. Cara Membaca Tabel

Cara membaca tabel adalah sebagai berikut :

  1. Bacalah terlebuh dahulu judul tabel. Judul tabel memberikan gambaran kepada pembaca mengenai isi atau data yang dimuat dalam tabel. 
  2. Bacalah keterangan di bagian atas tabel dan di bagian sisi kiri tabel. Keterangan tersebut merupakan kunci penjelasan mengenai data yang disajikan.
  3. Mengajukan pertanyaan mengenai informasi yang disajikan. Misalnya, berapa banyak, tahun berapa, berapa perkembangannya.
  4. Berusaha menafsirkan angka-angka yang terdapat dalam tabel.
  5. Membaca tabel dengan tetap fokus pada tujuan atau pencarian informasi yang ingin kita peroleh. Cermati keterangan dalam setiap baris dan kolomnya.
KEPUSTAKAAN

Depdikbud. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia Qtmedia. Google Play Store.

Ermanto. 2008. Keterampilan Membaca Cerdas.Padang : UNP Press.

Nurhadi. 2016. Teknik Membaca. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Soedarso. 2001. Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT
Gramedia Pustaka Utama.

Tarigan. 1979. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: PT
Angkasa.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »