KETERAMPILAN RENANG GAYA PUNGGUNG (Analisis Gerakan, Faktor yang Mempengaruhi Gerakan)

Halo sahabat, Assalamualaikum semuanya! Kali ini kami akan membahas tentang Keterampilan Renang Gaya Punggung. Materi yang kami bahas sekarang ini merupaka materi sambungan dari materi Keterampilan Renang yang sebelumnya sudah diposting. Di dalam pembahasan kali ini Keterampilan Renang Gaya Punggung terdapat beberapa subbagian yaitu, Analisis Gerakan Renang Gaya Punggung, Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan dan Keindahan Gaya punggung yang di dalamnya dibahas juga tentang Frekuensi Kayuhan, Fleksibelitas Senidi Bahu, Power Lengan Gaya punggung, Kibasan Kaki Gaya Punggung, dan Steamline Body Kelurusan Tubuh, yang di dalamnya terdapat juga pembahasan tentang Posisi Kaki, Gerakan Kaki, dan juga Gerakan Tangan. Langsung saja kita lanjutkan ke pembahasan kita yaa kawan-kawan!

www.pandaibelajar.com


KETERAMPILAN RENANG GAYA PUNGGUNG


  Pada saat mengambil posisi di dalam kolam, seseorang yang menggunakan gaya renang jenis ini yaitu renang gaya punggung, maka posisi punggung dihadapkan ke permukaan air sehingga punggung mengambang di atas permukaan air. Gaya ini menghadapkan posisi wajah kita ke atas dan berada di atas air yang berbeda dengan gaya-gaya renang yang sebelumnya di bahas. Gaya berenang jenis ini pada posisi lengan dan kaki sama persis dengan gerakan renang gaya bebas, hanya bedanya posisi punggung yang berada di atas permukaan air. Kedua tangan mengayuh seperti gerakan renang gaya bebas secara bergantian digerkan mengarah ke arah pinggang. Pada gerakan renang gaya punggung wajah berada di atas permukaan air sehingga memudahkan kita dalam melakukan pengambilan napas tanpa harus bersusah payah. Berbeda dengan gaya renang lainnya, gerakan renang jenis ini memulai start atau awalan di dalam kolam dengan cara kedua tangan memegang tepi kolan dan kedua kaki ditempelkan ke dinding kolam dengan pandangan menghadap ke tepi kolam.
  Gerakan pada renang gaya punggung berfokus pada gerakan tangan dan kaki, dan didukung oleh gerakan punggung yang fleksibel. Dalam gaya ini ada beberapa faktor yang akan sangat mempengaruhi terhadap kecepatan dan keindahan gaya punggung adalah sebagai berikut.

A. Frekuensi Kayuhan 
  Frekuensi kayuhan akan sangat mempengaruhi kecepatan laju saat berenang menggunakan gaya punggung karena samakin cepat frekuensi kayuhan dan semakin bertenaga kita melakukan kayuhan, maka akan semakin cepat laju kita saat berenang di dalam kolam. Sebaliknya jika frekuensi kayuhan kurang dan gerakan kayuhan lambat, maka kecepatan laju renang kita di atas air akan melambat pula. Maka sebaiknya sangat dianjurkan untuk mempercepat frekuensi kayuhan. Untuk hal ini latihan yang diperlukan adalah latihan otot lengan bisa dengan cara push up, angakat beban, dan lain sebagainya.

B. Fleksibelitas Sendi Bahu 
 Selain frekuensi kayuhan, fleksibelitas sendi bahu juga akan mempengaruhi pada luas putaran lengan, hal ini akan menghasilkan daya dorong yang kuat dan maksimal jika sendi bahu kita fleksibel, dan akan melambat atau terhambat pergerakan kita di atas air jika sendi bahu kita kurang fleksibel. untuk hal ini cara latihan yang tepat adalah melatih kelenturan dengan beberapa peregangan sebelum melakukan kegiatan berenang.

C. Power Lengan Gaya Punggung
  Hal ini sangat mempengeruhi kepada kecepatan lecutan tangan sehingga dapat dengan maksimal untuk melakukan daya dorong dari jangkauan yang ada atau yang dapat terjangkau oleh tangan perenang.  

D. Kibasan Kaki Gaya Punggung
   Selain dari faktor-faktor tangan di atas, faktor kefleksibelan dari kaki juga akan sangat berpengaruh terhadap kecepata dan keindahan gerakan renang gaya punggung ini. Kibasan kaki yang fleksibel dan menggunakan power yang tepat, cepat, dan stabil akan menghasilkan daya dorong yang baik dan menambah kecepatan serta keindahan renang gaya pinggung. 

E. Streamline 
  Posisi tubah yang lurus atau (Steramline) juga akan mempengaruhi terhadap kecepatan dan keindahan berenang. Semakin horizontal kedudukan tubuh maka luas penampang air akan berkurang, sehingga menghasilkan aerodinamik air yang baik dan juga maksimal, sebaliknya jika posisi dari tubuh kurang horizontal maka akan menghabat keceptan saat berenang dan aerodinamik yang dihasilkan dari gerakan akan kurang baik.

Posisi Kaki
  1. Posisi kaki yang baik adalah posisi kaki yang tidak terlalu dalam dan tidak terlalu di permukaan air, melainkan pas di tengah tengah air dan jangan terlalu dalam karena akan mempengaruhi posisi tubuh saat melakukan pergerakan dari renang gaya punggung ini.
  2. Kaki harus selalu bergerak dan jangan sampai berhenti sebelum sampai. Hal ini dilakukan agar posisi saat berenang tidak melenceng dari arah alur karena posisi kaki pada saat melakukan renang gaya punggung berlaku sebagai stabilisator atau keseimbangan tubuh.
  3. Posisi telapak kaki diluruskan sejajar dengan tulang kaki, hal ini akan membantu untuk kelenturan dan kecepatan saat melakukan pergerakan.
  4. Posisi dari kedua kaki harus selalu berdekatan dan dikayuh secara bergiliran dengan cara tepat dan teratur.
  5. Dagu sedikit didekatkan ke arah dada, karena hal ini akan membantu dalam berakselerasi dan meningkatkan kecepatan berenang. 
  6. Sisi telapak tangan didahulukan pada saat tangan masuk ke dalam air agar memperkecil tahanan dari air.
Gerakan Kaki 
  1. Kaki digerakan seperti halnya gerakan renang gaya bebas dengan cara kedua kaki digerakan atau dikayuh secara bergantian.
  2. Kaki digerakan atau dikayuh secara cepat agar arah berenang tidak melenceng atau berbelok, tetapi harus dilakukan dengan irama yang tetap.
Gerakan Tangan
  1. Posisi awal tangan memegang tepi kolam, lalu satu tangan lurus diarahkan ke atas bagian kepala.
  2. Lakukan tolakan pada kaki dan tangan langsung mengauh ke belakang menuju ke arah pinggang.
  3. Kemudian angkat keluar tangan tersebut dan kembalikan pada posisi semula sama seperti pada saat akan melakukan awalan atau start.
  4. Lakukan hal yang serupa dengan tangan yang satunya.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »