KEBUGARAN JASMANI : Meningkatkan Kekuatan Otot

Hallo Assalamualaikum Sahabat PandaiBelajar! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Kebugaran Jasmani lagi. Ini merupakan sambungan dari postingan yang sebelumnya, namun kali ini kami membahas tentang Meningkatkan Kekuatan Otot, Latihan Meningkatkan Kekuatan Otot, Push Up, Sit Up, Back Up, Squat Jump, dan juga Kegiatan Pembelajaran Latihan Kekuatan Otot-otot Tubuh. Langusng saja ke pembahasan di bawah ini! Selamat membaca dan Semoga bermanfaat!

www.pandaibelajar.com


MENINGKATKAN KEKUATAN OTOT

  Kekuatan merupakan suatu kemampuan seseorang guna melakukan gerakan-gerakan dengan menggunakan tubuh atau bada dengan gerakan tertentu, contohnya mendorong dan mengangkat tubuh atau badan. Kekuatan otot akan dapat meningkat dan juga ditingkatkan dengan cara melakukan latihan-latihan di bawah ini yaitu, sebagai berikut. 

A. Push-up 
  Tujuan dari mrlakukan kegiatan fisik berupa push-up adalah untuk melatih kekuatan dari otot-otot lengan dan juga otot-otot bahu. Cara melakukan gerakan push-up yang baik dan benar adalah sebagai berikut.
  1. Sikap awalnya adalah melakukan gerakan tiarap dengan seluruh tubuh diletakan sejajar dengan lantai dan berat badan ditopang oleh kekuatan tangan dan kaki.
  2. Posisi badan diturunkan ke arah bawah sehingga dada hampir mendekati lantai di bawah dengan cara melipat siku dan posisi tubuh dari bawah yaitu kaki sampai ke atas kepala harus berposisi lurus.
  3. Posisi tubuh diangkat ke atas dengan cara kedua siku diluruskan.
  4. Setelah itu, lakukan gerakan turun naik secara berulang-ulang.
B. Sit Up
  Tujuan dari kita melakukan gerakan fisik berupa sit up merupakan jalan atau cara untuk melatih kekuatan otot-otot perut tubuh kita. Gerakan sit up yang baik dan benar adalah sebagai berikut, 
  1. Sikap permulaan yang patut dilakukan adalah memposisikan tubuh terlentang dengan cara menekukuk kedua lutut dan kedua telapak tangan dilakukan gerakan kaitkan dibagian belakang kepala dan kedua siku di samping area telinga.
  2. Gerakan tersebut dilakukan dengan cara mengangkat badan ke atas dan kembali ke sikap pertama yaitu terlentang.
  3. Gerakan turun naik atau disebut juga dengan gerakan baring duduk dilakukan secara perlahan-lahan dan dilakukan secara berulang-ulang. 
C. Back Up
  Melakukan gerakan latihan fisik berupa Back Up ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kekuatan otot-otot yang terdapat pada bagian punggung kita dan juga melatih dan meningkatkan kemampuan otot perut. Gerakan dilakukan sebagai berikut.
  1. Sikap awal atau sikap permulaan, yaitu melakukan gerakan badan telungkup, lalu kedua tungkai rapat dan telapak kaki mengarah ke arah belakang tumit dengan cara merapat.
  2. Setelah itu, kedua lengan memeluk atau memutar kebelakang, lalu hadapkan siku menghadap ke samping.
  3. Angkat togok ke arah bagian belakang atas, sedangkan perut dan tungkai masih tetap ditempelkan di lantai.
  4. Lalu setelah itu kembali ke sikap telungkup.
  5. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang.
D. Squat Jump
  Latihan fisik berupa squat jump ini dilakukan dengan tujuan untuk melatih kekuatan otot tungkai dan juga pinggul. Cara melakukan gerakan latihan squat jump ini adalah sebagai berikut.
  1. Pada gerakan awal dalam latihan permulaan dilakukan dengan sikap tubuh jongkok dengan salah satu kaki jinjit dan juga kedua telapak tangan ditempelkan atau dikaitkan ke kepala bagian belakang dan padangan dijaga untuk selalu lurus ke depan.
  2. Lalu, lakukanlah gerak loncatan secara tegak lurus ke atas, setelah itu kembali ke sikap jongkok.
  3. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang dan beraturan.
E. Kegiatan Pembelajaran Latihan Kekuatan Otot-otot Tubuh
  Aturan atau sistem yang baik dalam melakukan gerakan latihan di atas tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Gerakan latihan di atas dilakukan dengan sistem set dengan menggunakan 8 - 12 kali gerakan berulang dengan sistem set sebanyak tiga set.
  2. Gerakan dilakukan dengan sistem super set, pelaksanaan sistem super set ini dilakukan dengan cara latihan yang berlawanan, contohnya latihan otot lengan bisep yang sebaiknya diiringi atau dibarengi oleh latihan otot lengan belakang yaitu otot trisep.
  3. Split routines dilakukan dengan cara melatih tubuh bagian atas, kemudian melatih tubuh pada bagian bawah.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »