Perilaku Hidup Sehat Guna Mencegah Penyakit Tuberkulosis

Assalamualaikum sahabat PandaiBelajar! Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Perilaku Hidup Sehat yang sedang gencar-gencarnya dilakukan penyuluhan oleh pemerintah. Pembahasan mengenai Perilaku Hidup Sehat kali ini akan mengarah kepada Pencegahan Terjangkitnya Penyakit Tuberkulosis, Pengertian Tuberkulosis, Cara Penularan Tuberkulosis, Perilaku Hidup Sehat Guna Mencegah Penyakit Tuberkulosis. Langsung saja mari kita baca dengan seksama pembahasan di bawah ini! Semoga Bermanfaat!

www.pandaibelajar.com


Perilaku Hidup Sehat Guna Mencegah Penyakit Tuberkulosis

Tuberkulosis

Tuberkulosis atau biasa juga disebut dengan TB adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberculosis. Tuberkulosis atau disebut juga dengan penyakit TB ini paling sering menyerang organ tubuh yaitu paru-paru, namun tidak hanya paru-paru saja yang dapat terjangkit, TB dapat pula menyerang organ tubuh lainnya seperti selaput otak, mata, hati, kelenjar getah bening, tulang, kulit, dan usus (Kemenkes, 2014). Jika hal tersebut dibiarkan tanpa dilakukan pengadaan langkah atau cara pengobatan-pengobatan yang tepat, maka penyakit ini dapat menyebar ke organ tubuh lainnya bahkan dapat mengakibatkan kematian pada penderitanya.

Kuman yang menyebabkan seseorang terjangkit oleh penyakit Tuberkulosis lebih senang berada di udara yang lembab karena udara lembab mendukung atau membantu kuman TB tersebut untuk berkembang biak. Kuman TB dapat ditularkan melalui udara langsung dari penderita yang terjangkit kepada orang yang berada di sekitarnya, penularan melalui udara itu biasanya dihantarkan dari percikan ludah atau dahak, bersin, dan juga berbicara dengan seseorang yang menderita penyakit Tuberkulosis. Jika daya tahan tubuh sedang lemah atau di bawah dari standar normal, maka orang terebut akan mudah terserang Tuberkulosis. Akan tetapi, jika kondisi daya tahan tubuh sedang kuat, maka kuman TB tidak akan menghinggapi tubuh seseorang tersebut, dengan kata lain orang yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat tersebut tidak akan terjangkit oleh penyakit yang ditularkan melalui udara dari si penderita Tuberkulosis.

Pencegahan Penyakit Tuberkulosis

Untuk menghindari hal-hal tersebut terjadi terhaadap kita, maka itu kita harus memperhatikan perilaku hidup sehat dan juga pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari agar daya tahan tubuh kita baik saat melakukan aktivitas ataupun diam beristirahat tetap kuat. Berikut perilaku hidup sehat guna mencegah Tuberkulosis.


  1. Makanan Bergizi. Makan makanan bergizi jelas sangat penting untuk tubuh kita dan juga pastnya makanan bergizi ini juga sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terjangkit. Makanan bergizi seimbang yaitu makanan yang mengandung unsur empat sehat lima sempurna, tetapi juga ingat bahwa mengkonsumsi makanan yang berlebihan akan malah mengganggu kondisi tubuh. Oleh sebab itu, kita tidak boleh mengkonsumsi makanan secara berlebihan. 
  2. Membuka Jendela Setiap Pagi. Membuka jendela setiap pagi hari juga sangat penting ketika semalaman jendela di tutup rapat dan menimbulkan kelembaban di dalam rumah tersebut. Nah, untuk menghindari kelembaban yang terlalu tinggi maka setiap pagi jendela rumah harus selalu dibuka agar rumah mendapatkan udara dan sinar matahari yang cukup karena kuman TB, bahkan tidak hanya kuman TB yang tidak suka adanya sinar matahari dan udara atau oksigen yang baik.
  3. Vaksinisasi. Mendapatkan vaksin BCG untuk pencegahan bagi anak di bawah lima tahun untuk menghindari TB berat yang kemungkinan atau memungkinkan terjangkit pada masa dewasa dengan tidak adanya kontrol. Jika telah divaksinisasi, maka peluang terjangkitnya penyakit TB akan sangat kecil dan bisa diminimalisir dengan sangat baik.
  4. Menjemur Alas Tidur. Tujuan dari menjemur alas tidur yaitu agar alas tidur atau sprei dan bantal serta selimut yang kita gunakan tidak lembab. Menghindari lembab supaya tidak disukai oleh kuman dan tidak akan terjadi perkembangbiakan kuman pada alas tidur sehingga terhndar dari penyakit-penyakit terutama penakit Tuberkulosis.
  5. Olahraga. Olahraga secara teratur sangat penting juga untuk menjaga kondisi tubuh kita agar tetap bugar dan menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap normal dan juga kuat, sehingga kita terhindar dari kuman-kuman dan penyakit yang selalu mengintai tubuh kita di manapun itu. 
  6. Tidak Merokok. Rokok merupakan faktor utama resiko dari terjangkitnya penyakit Tuberkulosis ini. Maka Hindarilah Merokok! 


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »