BERKARYA SENI RUPA 2 DIMENSI (Pengertian, Unsur dan Objek, Bahan, Medium dan Teknik )

Hai-hai Sahabat Pandai Belajar. Pada kesempatan kali ini Pelajar Berilmu akan membahas tentang Berkarya Seni Rupa 2D (Pengertian, Unsur dan Objek, Bahan, Medium dan Teknik, Proses Berkarya). Adapun pelajaran ini termasuk dalam Materi Pembelajaran Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013. Kita langsung bahas saja ya Sahabat! Oh iya untuk mempermudah menjelaskan pembahasan kali ini, Pelajar Berilmu memakai inisial PB yaa. Sahabat pasti sudah pernah melihat Karya Seni Rupa 2D. Mungkin juga Sahabat memiliki Seni Rupa 2D di rumah Sahabat. Karya Seni Rupa baik itu 2D atau 3D terbagi menjadi Karya Seni Rupa Terapan dan Karya Seni Murni. Pasti Sahabat udah tahu tentang perbedaan Seni Rupa Terapan dan Murni jika Sahabat masih bingung PB akan jelaskan. Perbedaan Seni Rupa Terapan dan Murni terdapat dalam fungsinya. Pada Terapan memiliki fungsi untuk dipakai sedangkan Murni memiliki fungsi sebagai hiasan atau hanya dinikmati saja. Banyak sekali contoh dari Seni Rupa Terapan dan Murni mungkin Sahabat lebih tahu dari PB. Yuk balik lagi ke Seni Rupa 2D. 

Pengertian
Seni Rupa 2 Dimensi adalah karya seni yang hanya memiliki dua dimensi yaitu hanya panjang dan lebar. Berbeda dengan 3D yang memiliki 3 ukuran yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Karena karya seni 3D memiliki tiga ukuran maka otomatis karya 3D memiliki volume/ruang. Kalo kita liat dari pengertian masih samar samar ya Sahabat. Ambil contohnya kursi. DIlihat lihat kursi gak ada ruang nya. Tapi dia termasuk karya seni 3D. Aneh kan yaa???. Makanya PB lebih suka menyebut 3D karya seni yang berbentuk bangun ruang ( tidak datar). Sedangkan 2D berbentuk bangun datar.

Unsur dan Objek
Seorang pembuat karya mengolah, memadukan, atau memainkan unsur unsur seni rupa fisik dan non fisik. Keunikan karya seni ini bergantung pada kepekaan atau keahlian dalam memainkan unsur unsur tersebut Sahabat. Nah yang dimaksud dengan unsur fisik adalah unsur yang bisa dirasakan melalui panca indera lebih tepatnya melalui indera melihat dan meraba. Sedangkan non fisik adalah prinsip atau kaidah dalam penggunaan unsur fisik. Lalu apa saja unsur unsur fisik Seni Rupa 2D.
  • Garis, garis digunakan untuk membuat suatu bentuk atau bangun baik datar maupun ruang. Garis juga dapat mengekspresikan gagasan. Misalkan garis lurus tebal memberi kesan tegas, garis lengkung tipis memberi kesan lemah. Alat tulis yang digunakan pun berpengaruh dalam memberikan kesan garis.
  • Raut, unsur ini adalah tampak/tampilan dari suatu objek. Unsur digunakan untuk memberi kesan ruang pada objek dalam dimensi 2D
  • Ruang, unsur ruang pada Karya Seni 2D digunakan untuk memberi kesan 3D/Ruang. Unsur ini dibentuk dengan mengolah intensitas warna, gelap-terang, dan perpsektif.
  • Tekstur, unsur tekstur bertujuan untuk menggambarkan struktur permukaan suatu objek yang digambar.
  • Warna, warna adalah unsur penting dalam mengekspresikan suatu karya seni rupa 2D. Warna dasar atau primer terdiri dari Merah, Biru, Kuning. Sementara warna lainnya didapat dari pencampuran warna primer atau turunan warna primer.
  • Gelap-Terang, Unsur ini terjadi akibat perbedaan intensitas cahaya pada permukaan suatu objek. Perbedaan intensitas ini menimbulkan kesan gelap-terang. Dimana gelap menandakan permukaan yang kurang terkena cahaya dan terang permukaan yang terkena cahaya
Mengenai unsur non fisik atau kaidah terdiri dari kesatuan (unity); keseimbangan (balance) dan irama (rhythm), penekanan, proporsi dan keselarasan. Prinsip-prinsip dasar ini merupakan unsur non fisik yang ada dalam seni rupa.

Medium, Bahan, dan Teknik
  • Medium dan Bahan
    Karya seni rupa di dunia ini sangat beragam. Keberagaman ini yang mengakibatkan tiap tiap jenis karya seni rupa 2D membutuhkan benda. Bahan yang digunakan untuk membuat karya seni terbagi menjadi dua yaitu alami sintesis. Bahan alami berasal dari alam. Bahan ini bisa digunakan langsung tanpa melalui proses pengolahan dahulu. Sedangkan sintesis berasal dari proses kimiawi. Menurut jenis nya terbagi menjadi cair, padat, lunak atau keras, dan lain-lain.
  • Alat
    Alat yang digunakan pun alat alat yang spesifik dan berbeda tiap jenis karya. Komputer sering digunakan untuk membuat karya. Kemajuan teknologi komputer mempermudah manusia menghasilkan karya seni. Tapi tetap saja kualitas dipengaruhi kemampuan pembuat karya karena komputer tidak lebih dari sebuah alat.
  • Teknik
    Teknik digunakan untuk membuat karya seni. Hal ini yang mempengaruhi semua karya seni. Semakin bagus teknik semakin bagus juga hasilnya. Bahan yang sama tetapi ditempa oleh tangan yang berbeda akan beda juga hasilnya. Seperti lukisan Pablo Picasso dengan Leonardo da Vinci akan berbeda tentunya.
Begitulah pembahasan Berkarya Seni Rupa 2 Dimensi. Stay tuned terus di PB ya. Selain pembahasan Berkarya Seni Rupa 2 Dimensi, PB juga akan men-post materi materi lain. Semoga Bermanfaat Sahabat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »