SENI MUSIK : Pengertian Musik, Estetika dan Fungsi Musik


pandaibelajar.com
Seni Musik - Pandaibelajar.com

Assalamualaikum WR WB. Hai sahabat-sahabat Pandai Belajar!! Udah lama nih gak bertegur sapa dengan sahabat Pandai Belajar. Sehat semua kan? Alhamdulillah kalo sehat, Alhamdulillah pada kesempatan kali ini masih diberi kesehatan dan kekuatan oleh Allah SWT sehingga kita bisa bertemu lagi disini di blog kita tercinta. Kali ini kami akan mencoba untuk memberi sekaligus mempelajari bersama tentang Seni Musik.

Kawan-kawan semua pada tahu kan musik itu? Iya Musik itu, yang sering kita dengarkan itu lohh!! saya yakin, pasti disini udah pada tahu Musik itu seperti apa kan? Kita dan semua orang dimuka bumi ini pasti pernah mendengarkan Musik dalam hidupnya, apapun genre nya. Musik itu yang menimbulkan bunyi itu loh, masa gak tahu? Tahu lah ya kalo itu. Biasanya orang awam mengartikan Musik sebagai bunyi-bunyi atau suara-suara yang indah, dan enak didengar (Disukai manusia), benar kan? Tapi, Apakah iya Pengertian Musik seperti itu? Dari pada kita bingung, lebih baik kita langsung saja bahas materi tentang Musik dibawah ini.


A. Pengertian Musik

Musik dibagi menjadi 2 bagian yaitu musik tradisional dan musik non-tradisional. Musik tradisonal biasanya musik kedaerahan dan mengandung unsur unsur etnik. Sedangkan musik non-tradisional adalah musik yang tercipta sesuai dengan perkembangan masa kini atau biasa disebut musik modern.

Ada beberapa pengertian musik yang ada atau yang diketahui publik umum, akan kita bahas satu per satu, diantaranya yaitu:

  1. Pertama, Musik adalah suara-suara yang disukai atau diindahkan manusia.
  2. Kedua, Musik adalah suara atau bunyi yang didalamnya terdapat ritmik dan melodi yang teratur.
  3. Ketiga, Musik adalah suara atau bunyi yang enak untuk didengar manusia. 
(Definisi diatas diterbitkan oleh : Schafer, 1995)

Kita mulai bahas pengertian musik yang pertama, Yaitu: "Musik adalah suara-suara yang disukai dan diindahkan manusia". Definisi itu berarti semua suara-suara atau bunyi-bunyian yang kita sukai itu adalah musik. Nah kalo yang tidak kita sukai bagaimana? Contoh : Jika sesorang mendengarkan musik rock saja karena orang tersebut menilai bahwa musik itu enak didengar dan indah, Lah, bagaimana dengan musik dengan genre berbeda? seperti pop, jazz, keroncong, dangdut, RnB. Apakah tidak termasuk musik? dan dianggan Bukan Musik? Dari bahasan pengertian diatas, pengertian itu tidak mencakup keseluruhan genre dan tentu pengertian tersebut tidak univesal dan tidak bisa kita pakai sebagai acuan yang sah, karena Pengetian itu harus Universal.

Lanjut ke pengertian yang kedua, Yaitu: " Musik adalah suara-suara atau bunyi yang didalamnya terdapat ritmik dan melodi yang teratur". Definisi itu berarti semua suara yang berisi ritmik dan melodi yang teratur itu dinamakan musik. Bagaimana jika musik itu tidak bermelodi atau flat? seperti musik suku-suku di Benua Afrika dan Indonesia ini yang biasanya tidak ada melodi dan ritmik yang jelas dan pasti, hanya mengandalkan hentakan kaki, tepukan tangan, atau alat lain yang menghasilkan bunyi ritmis saja dan tidak bermelodi. Apakah itu bukan termasuk musik? Dari bahasan diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian musik diatas kurang terarah kepada musik itu sendiri dan pengertian tersebut hanya menonjolkan beberapa unsur yang tidak menyeluruh didalam musik tersebut.

Pengertian ketiga dan terakhir yang diterbitkan oleh Schafer, 1995. Yaitu: "musik adalah suara atau bunyi yang enak didengar manusia". Definisi diatas berarti hanya bunyi-bunyian yang enak diddengar saja yang bisa diartikan sebagai seni musik, Bagaimana dengan yang tidak enak didengar? Seperti musik suku pedalaman Afrika yang flat tidak ada melodi dan hanya mengandalkan hentakan kaki atau tepuk tangan, Apakan tidak termasuk musik? Contoh lain,, ada band seperti band-band bergenre metal yang bising ditelinga dan tidak enak didengar, mungkin pendengarnya hanya sebagian orang saja. Kita ambil contoh band Slipknot, tahu Slipknot? Slipknot adalah nama suatu band Metal America yang sangat terkenal dibeberapa kalangan. Lagu-lagu dari band ini berisikan tema tema kepedihan, kesengsaraan dunia, kematian dan neraka. Dari situ saja kita sudah ngeri kan? Apalagi mendengar karyanya? Bagi kalangan awam mungkin karya-karyanya ini tidak jelas, tidak enak, dan bising didengar oleh kita, tapi bagi sebagian orang termasuk saya suka karya seni musik seperti itu. Jika kita berdasar pada definisi diatas, maka band Slipknot ini bukan termasuk musik, Apakah benar bukan musik? Salah!! Slipknot menciptakan karya musik yang berisi syarat dan ketentuan terbentuknya musik. Itu berarti pernyataan definisi yang ketiga pun masih tidak menyeluruh juga dan tidak bisa dijadikan acuan atu pedoman.

Jadi, apa sebenarnya pengertian musik?
Mari kita simpulkan dan gabungkan data diatas menjadi suatu kesimpulan yang mencakup intisari dari musik tersebut. Kesimpulannya adalah:

Musik adalah suara-suara atau bunyi-bunyian yang disusun rapi dengan pola-pola yang sedemikian rupa, sehingga menghasilkan suara yang berirama, mengandung keharmonisan dan lagu yang dihasilkan dari alat musik mapun non alat musik, yang tervisualisasikan sebagi bunyi-bunyian yang terdengar oleh setiap telinga manusia dibumi ini.

Nah, itulah kesimpulan kami dari bahasan Pengertian Seni Musik ini yang mencakup segala jenis musik yang universal.

B. Estetika Seni Musik

Estetika sangat berkaitan dekat dengan kreatifitas seseorang dalam menghasilkan karya seni musik yang indah. Unsur estetika ini yaitu unsur keindahan didalam karya seni musik tersebut, supaya bisa enak didengar dan indah. Mungkin penilaian keindahan seseorang berbeda-beda ada yang indah dalam arti lembut, halus dan enak didengar, dan ada juga yang mengatakan bahwa keindahan adalah suatu semangat yang berkobar dan diaplikasikan dengan seni musik bealiran keras yang sebagian orang tidak menyukainya.
pandaibelajar.com
note estetika - Pandaibelajar.com

Kita tentu saja perlu memperhatikan unsur estetika atau keindahan dalam berkarya dalam budang seni musik ini. Kita perlu tahu selera orang-orang umum diluar sana seperti apa. Jika kita tidak mempehatikan unsur estetika ini, mungki karya seni musik yang kita buat tidak akan laris dipasaran, tapi, jika kita membuat dengan memperhatikan selera pasar umum dan tidak melupakan unsur estetik yang menghibur maka karya-karya kita pasti akan lari dipasaran.

Unsur estetika dalam seni musik ini biasanya beragam dari mulai pembawaan, penjiwaan, ritmik, melodi, hentakan dan instrument pada musik tersebut akan membawa kesan dari sebuah lagu seperti kenyataan. Tentu saja dalam hal ini diperlukan kreatifitas tinggi sang pencipta musik tersebut, terutama dalam masalah pembuatan instrumen yang berkaitan langsung dengan para pemain instrumen tersebut.

Dari pemaparan diatas kita tahu bahwa Estetika Seni Musik dan kreatifitas sang pencipta seni musik tersebut sangatlah berkaitan erat. Supaya musik tersebut berisi, lebih berkembang dan lebih indah untuk didengar oleh orang-orang atau para pendengar diuar sana kita memerlukan kreatifitas dan imajinasi yang tinggi.

C. Fungsi Seni Musik

Fungsi Musik, fungi dari musik itu sendiri sangat beragam dan sesuai pemosisian kita sebagai pendengar, penikmat atau bahkan aktor yang terlibat dalam musik itu sendiri. Contohnya: Musik yang dipopulerkan oleh Queen berjudul "We Are The Champion" selalu diputar pada saat ada suatu tim sepak bola atau tim apapun itu yang mengangkat piala atau menjuarai suatu kompetisi. Nah, apa funginya itu? Apakah sebagai penyenang hati? Musik yang diputar pada saat merayakan kemenangan itu adalah salah satu contoh musik yang berfungsi sebagai penghormatan emosional, dan untuk melengkapi perayaan selebrasi tersebut. Tentu akan beda fungsi jika lagu kebangsaanIndonesia raya yang dinyanyikan serentak pada upacara bendera bukan? Itu menandakan bahwa fungsi seni musik itu tergantung pemosisian diri kita sendiri. Tapi ada juga nih fungsi musik secara umum yang akan kita bahas dibawah kawan..

  • Musik sebagai ungkapan rasa emosisnoal. Jadi musik disisni berfungsi sebagai ungkapan emosional seorang pemusik atau musisi yag membuat karya seni musik tersebut.
  • Musik sebagai penghayatan diri dan ekspresi. Jadi dari musik ini kita dapat mengeluarkan ekspresi jiwa kita saat itu.
  • Musik sebagai sarana komunikasi. Jadi musik dibeberapa daerah melambangkan komunikasi kita dengan alam atau lingkungan sekitarnya, seperti musik-musik suku terteuntu didunia.
  • Musik sebagai hiburan. Nah, ini jelas fungsi musik yang paling awam yaitu sebagai sarana hiburan.
  • Musik sebagai penggerak dan pembakar semangat. Seperti yang biasa digunakan pada senam-senam dilingkungan kita.
  • Musik sebagai ciri khas suatau budaya. Ada beberapa suku yang masih menggunakan musik etnik sebagai ciri khasnya.
  • Musik untuk diperdagangkan atau sarana promosi perdangan.

Nah, mungkin hanya sekian yang bisa kami sampaikan saat ini. Terimaksih sudah bergabung. Semoga apa yang kami sampaikan diatas bisa bermanfaat bagi kawan-kawan semua. Sampai berjumpa di artikel selanjutnya kawan!! Terimakasih!! Assalamualaikum WR WB

INGAT!!

Budayakan Membaca dan Jawab Salam Kawan !!!


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »