Cara Mempersiapkan Pameran di Sekolah

Hai  Assalamualaikum Sahabat PandaiBelajar! Semoga Allah Swt senantiasa memberikan limpahan rahmat dan karunianya kepada kita semua Amiin! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Persiapan Pameran di Sekolah. Pembahasan ini merupakan sambungan dari pembahasan sebelumnya dalam postingan Cara Merancang atau Merencanakan Pameran di Sekolah. Pada pembahasan ini terdapat beberapa bagian yang dibahas yaitu, Persiapan Pameran, Persiapan Memilih Karya, Persiapan dalam Menyiapkan Perlengkapan Pameran. Baiklah mari kita simak pembahasan di bawah ini! Selamat Membaca!

www.pandaibelajar.com


PERSIAPAN PAMERAN DI SEKOLAH

1. Menyiapkan dan Memilih Karya

Pemilihan karya yang akan dipamerkan dalam acara pameran tersebut dilakukan setelah semua karya yang memenuhi kriteria untuk dipamerkan telah terkumpul. Proses pemilihan karya dapat dilakukan oleh siswa dengan didampingi oleh guru. Teknik yang digunakan dalam pemilihan karya dapat dilakukan berdasarkan kualitas karya yang layak untuk dipamerkan dalam acara pameran yang akan diselenggarakan, jenis karya contohnya seperti pengelompokan antara karya dua dimensi atau tiga dimensi, ukuran karya, dan kriteria lain sesuai ketentuan panitia pada pameran yang akan diselenggarakan. 

Jenis karya yang akan dipamerkan dapat ditentukan satu jenis karya saja atau campuran dari berbagai jenis karya yaitu dua dimensi atau tiga dimensi. Penentuan jenis karya ini akan mempengaruhi perlengkapan pameran yang harus di sediakan pada saat pelaksanaan kegiatan atau acara pameran ini beerlangsung. Jika didominasi karya yang dipamerkan adalah karya seni rupa dua dimensi maka kemungkinan besar panitia pameran harus menyediakan tempat untuk menggantung karya-karya dua dimensi tersebut. Sebaliknya jika karya yang dipamerkan didominasi oleh karya seni rupa tiga dimensi, maka tempat untuk meletakkan karya tersebut harus mendapat perhatian lebih besar lagi.

2. Menyiapkan Perlengkapan Pameran
  • Ruang Pameran : Ruangan yang dapat digunakan dalam kegiatan pameran seni rupa di sekolah bisa menggunakan aula atau ruang kelas tempat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Penataan ruang dapat dilakukan dengan menggunakan meja, panel, dan juga kursi yang ada di dalam kelas tersebut.
  • Meja : Meja dapat digunakan untuk stand penerima tamu dan dapat pula digunakan sebagai dasar penyimpanan karya tiga dimensi seperti patung atau barang kerajinan lainnya yang berbentuk tiga dimensi.
  • Buku Tamu : Di dalam buku tamu ini berisi bukti tamu yang lengkap dengan keterangan no, nama, alamat/asal kelas/asal sekolah, dan tanda tangan tamu tersebut, hal tersebut dapat digunakan untuk mengetahui berapa orang yang mengunjungi pameran.
  • Buku Kesan dan Pesan : Buku kesan dan pesan di dalamnya berisi tanggal, tanggapan pribadi pengunjung tentang pameran tersebut, dan identitas seperlunya, hal ini berguna sebagai masukan terhadap penyelenggan pameran.
  • Panil : Panil ini berfungsi untuk menempelkan karya dua dimensi seperti contohnya lukisan, gambar, dan sebagainya yang tergolong karya seni dua dimensi lainnya. Panil juga dapat digunakan sebagai penyekat dalam ruangan pameran.
  • Poster atau Brosur : Media ini digunakan untuk menginformasikan kegiatan yang ada di dalam pameran yang akan dilaksanakan. Dengan demikian sebelum pelaksanaan pameran dilakukan, poster dan brosur sudah digunakan sebagai media informasi kepada khalayak sebagai sasaran pengunjung.
  • Katalog : Katalog ini berisikan identitas seniman dan karya serta kuratorial penyelenggara pameran yang berfungsi sebagai penjelasan mengenai hal mengenai seniman dan karya seni yang dipamerkannya.
  • Folder : Folder ini berisi judul lukisan dan harga lukisan jika dijual membantu guide atau pemandu dalam pameran untuk menjelaskan kepada pengunjung pameran tentang karya tersebut.
  • Lampu Penerangan : Lampu ini digunakan untuk memperjelas karya yang dipamerkan dalam pameran. Lampu ini dipasang di setiap papan pamer atau panil atau juga bisa di plafon.
  • Sound SystesmSound system digunakan dalam acara pembukaan, dan untuk memperdengarkan musik instrumental yang biasanya berirama lembut selama pameran berlangsung yang berfungsi untuk mendukung suasana pameran sehingga pengunjung merasa lebih nyaman ketika mengapresiasi karya yang dipamerkan dalam pameran tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »