MAKNA MUSIK DALAM TARI (Pengertian Musik Tari, Jenis dan Fungsi Musik dalam Tari)

Hallo kawan-kawan semua dan Assalamualaikum kawan-kawan! Semoga Allah Swt senantiasa selalu memberkan rahmat dan karunianya kepada kita yaa. Dalam kesempatan kali ini, kami selaku admin akan membahas tentang Makna Musik dalam Tari. Dalam pembahasan kali ini terdapat beberapa bagian yang akan kami bahas yaitu, Pengertian Musik Tari, Jenis Musik dalam Tari, dan Fungsi Musik dalam Tari. Langsung saja kita menuju kepembahasan di bawah ini kawan-kawan! Selamat membaca dan semoga bermanfaat!

www.pandaibelajar.com


MAKNA MUSIK DALAM TARI

A. Pengertian Musik Tari
   
  Tari dan musik merpakan dua hal namun memiliki satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan oleh apapun. Di dalam konteks ini yaitu seni pertunjukan tari, keberadaan unsur musik dalam seni pertunjukan tari memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan suatu warna tersendiri dan membantu karakter penyajian gerak untuk mnyampaikan pesan dari tarian tersebut dari para penari kepada para penonton yang menyaksikan pertunjukan tari tersebut. Selain dari pada itu, peran musik dalam tari juga mampu memberikan suatu penekanan nilai estetika terhadap makna gerak dan keindahan gerak yang dibawakan dalam sebuah penyajian tari atau dalam pertunjukan tari kepada khalayak ramai. Dalam penyajiannya tari khususnya tari-tarian tradisional, unsur musik sangat dominan dan kuat sehingga akan dapat membuat tari yang dibawakan lebih memiliki karakter penyajian yang telah disesuaikan sebelumnya dengan tema dan tujuan dari penyajian atau pertunjukan seni tari tersebut yang akan dipertontonkan atau dipertunjukan kepada masyarakat yang menyaksikan pagelaran tari tersebut.

 B. Jenis Musik dalam Tari

  Jenis-jenis musik yang terdapat pada tari-tarian, ada dua jenis musik yang terdapat dalam tari, yaitu musik internal dan juga musik eksternal. Pengertian dari musik internal adalah suatu kekompakan suara atau bunyi-bunyian yang berirama atau disebut dengan musik yang ditimbulkan atau dihasilkan dari dalam diri penari yang berpentas itu sendiri. Contohnya adalah, sebuah teriakan yang dilakukan oleh Sang penari, tepukan tangan dari penari, siulan seorang penari atau kelompok tari, nyanyian dari para penari yang pentas, dan juga lain sebagainya. Lalu, pengertian dari musik eksternal adalah suatu bunyi-bunyian yang berirama atau musik yang ditimbulkanatau dihasilkan dari luar diri penari yang ada saat pentas berlangsung. Musik eksternal yang dimaksud ini adalah seperti, gending-gending gamelan, perpaduan suara-suara yang ditimbulkan dari alat-alat musik atau benda-benda lainnya yang digunakan untuk musik tari yang bersatu padu menjadi iringan musik yang berima dan mempertegas karakter dari tari-tarian yang dipentaskan tersebut. Namun, juga tidak sedikit dalam penggarapan tarian karya baru atau kekinian menjadikan musik internal dan musik eksternal digunakan keduanya dalam satu garapan tari dan dipadukan secara bersamaan.

C. Fungsi Musik dalam Tari

  Seperti halnya telah dijelaskan di awal yaitu pada pengertian musik tari, suatu keberadaan karya musik dalam tari memiliki peran yang sangat penting untuk menujang tarian yang dipentaskan dalam memperkuat keutuhan dalam penyajian tari tersebut. Kedudukan dari karya seni musik itu sendiri tidak hanya mampu sebagai pengiring dalam tari-tarian yang dipentaskan tersebut saja, namun musik juga mampu berperan sebagai penguat suasana, karakter saat membawakan tarian, dan juga penekanan terhadap penyampaian dari makna dan tujuan gerak yang dipresentasikan oleh para penari atau yang dipertunjukan para penari dalam sebuah pentas kepada khalayak ramai ataupun masyarakat sekitar sebgai sasaran dari pertunjukan tari tersebut. 
  Keberadaan musik dalam tari merupakan suatu hal yang sangat penting. Peranan atau kedudukan musik dalam sebuah karya seni tari bukan sebagai pengiring, melainkan sebagai musik tari yang memiliki makna yang penting. dikarenakan hal itu, musik memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting dalam tari, yaitu sebagai penguat gerakan tarian, sebagai pendukung gerakan dari para penari yang berpentas, dan sebagai pendukung suasana atau disebut juga dengan sebutan musik ilustrasi dalam tarian. Dilihat dari penampilan sebuah musik tari, jenis, dan cara penyusunan musik tari ini sangat beragam dan bervariasi. Di situ terdapat musik tari yang dibuat dan dihasilkan dari alat-alat musik tradisional saat mengiringi tarian, seperti gamelan. Selain dari itu, terdapat pula musik tari yang dibuat dan dihasilkan dari alat-alat nongamelan, perkusi, dan berbagai benda-benda lainnya yang dapat menimbulkan bunyi tertentu atau bunyi yang dikehendaki oleh pengiring musik yang mendukung karakter penari dan juga suasana dalam tarian atau bisa juga disebut dengan musik ilustrasi dalam suatu pentas atau pagelaran seni tari.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »