Teknik Dasar Akting Teater

Assalamualaikum Sahabat! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Teknik Dasar Akting Teater. Materi yang akan dibahas dalam pembahasan kali ini yaitu, Olah Suara, Olah Tubuh, Latihan Kelenturan, Latihan Pemerdekaan Seluruh Tubuh, Teknik Melompat, Teknik Bernapas, Teknik Berlari, dan Teknik Berjalan. Langsung saja kita menuju pembahasan di bawah ini! Semoga bermanfaat dan selamat membaca! 

www.pandaibelajar.com


1. Aktor dengan Suara dan Tubuhnya

Lewat perantara suara dan olahan tubuhnyalah para aktor dan aktris dapat berkomunikasi dengan baik. Dengan modal hal-hal tersebut. seorang aktor dan aktris harus mampu meyakini orang-orang awam yang menyaksikan dan menyimak cerita yang dibawakannya. Cerita yang disajikan oleh aktor atau aktris haruslah berisi hal menarik para penyimaknya melalui cara penyampaian yang baik, dengan demikian penyimak dapat mengerti pesan apa yang hendak disampaikan oleh aktor atau aktris. 

Bagi seorang aktor dan aktris teater, suara dan fisik yang prima menjadi syarat yang mutlak harus dipenuhi. Seorang aktor dan aktris dalam teater tidak perlu bersuara merdu bagaikan biduan dan vokalis terkenal dan berbadan bak seorang binaragawan, atau ratu kecantikan. Semua syarat menjadi seorang aktor dan aktris teater hanyalah suara dan fisik yang siap secara mutlak dan prima, serta sesuai kebutuhan yang akan dibutuhkan di teater. Akan tetapi, aktor dan aktris teater juga dituntut untuk dapat melenturkan suaranya dan melenturkan tubuhnya, keluwesan dalam bergerak, kemampuan untuk berpasif secara fisik dengan seluruh tubuhnya, dan juga didukung dengan kesanggupan serta kemampuan untuk bersikap tak melawan gerak tubuh dan berbagai sikap lainnya yang dapat diciptakan dengan baik oleh aktor maupun aktris.

2. Olah Suara

Suara dari seorang aktor dan aktris teater sangatlah berperan vital dalam keberlangsungan pertunjukan teater, karena dengan suara dari aktor dan aktris yang bermainlah semua pesan yang hendak disampaikan berupa alur cerita akan tersampaikan dengan baik kepada seluruh penonton yang menyaksikan pertunjukkan tersebut. Dengan demikian pemain teater harus melatih beberapa hal yang berkaitan dengan olah suara yaitu, sebagai berikut.
  1. Kejelasan dalam pengucapan naskah. Latihan dilakukan oleh dua orang dengan membaca naskah dengan berbagai jenis tempo, seperti cepat atau lambatnya bacaan dan kejelasan dalam melafalkan kata demi kata.
  2. Tekanan pada ucapan. Latihan yang dilakukan untuk melatih tekanan pada ucapan ini adatiga jenis yaitu, tekanan dinamik adalah keras pelannya suatu ucapan, yang kedua adalah tekanan tempo yaitu cepat atau lambatnya ucapan, yang ketiga tekanan nada yaitu lagu daripada ucapan.
  3. Kerasnya ucapan. Latihannya dapat dilakukan dengan cara menggumam, berteriak secara bertahap, dan mengucapkan kata atau kalimat tertentu dengan jarak 10 meter atau 20 meter terhadap pendengarnya. 
3. Olah Tubuh

Bentuk dari tubuh kita, dan cara-cara kita berdiri, duduk dan berjalan merupakan suatu hal yang memperlihatkan kepribadian diri kita seutuhnya. Motivasi dari dalam diri kita untuk melakukan gerak lahir dari sumber-sumber fisikal (badaniah), emosional (perasaan), dan mental (pikiran), dan setiap tindakan (action) kita berasal dari satu, dua atau tiga macam desakan hati (impuls). Cara melatih pada bagian olah tubuh adalah proses pemerdekaan dari tubuh kita sendiri dengan latihan tulang punggung, kelenturan tulang, tulang leher, dan pemerdekaan otot-otot tubuh agar tidak bermasalah saat pementasan atau pada saat latihan.

4. Latihan Kepala dan Leher

Cara atau tahap-tahap dalam melakukan latihan ini adalah sebagai berikut.
  1. Jatuhkan seluruh bobot dari kepala ke depan lalu gerakan atau aynkan dari sisi satu ke sisi lainnya. 
  2. Lalu tahap selanjutnya, jatuhkan bobot kepala ke kanan dan ayunkan ke arah kiri dengan bagian depan melalui punngung.
  3. Lakukan latihan yang sama untuk melatih kelenturan bahu danototnya.
  4. Untuk melatih tangan dan kaki gunakan latihan berupa penarikan pada otot dengan cara rentangan.
5. Latihan Tubuh Bagian Atas     

Cara melakukan latihan tubuh bagaian atas adalah melakukan dan menetapkan posisi berdiri dengan kedua kaki direnggangkan dengan jarak antara keduanya sekitar 60 sentimeter. Lalu tekukkan lutut sedikit, lalu turunkan bagian seluruh tubuh bagian atas ke bawah dengan posisi di antara kedua kaki yang terbuka. 

6. Latihan Pinggul, Lutut, dan Kaki

  1. Berdiri tegak dan rapatkan kaki. Turunkan badan dengan menekuk lutut dan kembali tegak.
  2. Berdiri tegak dengan satu kaki, kaki yang lain julurkan ke depan. Turunkan badan dengan menekuk lutut dan kembali tegak. Ganti dengan kaki yang lain.
  3. Putar lutut ke kiri dan ke kanan. Buat berbagai variasi dengan konsentrasi pada lutut. 

7. Berjalan

Latihan berjalan juga sangatlah penting untuk mendukung gerakkan seorang aktor atau seorang aktris dalam latihan ataupun pementasan. Cara melatih gerakan berjalan yang baik dan benar adalah dengan cara  pemerdekaan seluruh bagian tubuh yang terlibat saat berlajan seperti melenturkan tulang leher, melenturkan bahu, melenturkan tulang punggung, dan selalu bersikap tegap, serta beberapa latihan lainnya sebagai pelengkap yang sesuai yang diperankan.

8. Berlari 

Berlari juga merupakan salah satu penunjang dalam pementasan teater saat aktor atau aktris beraksi di atas panggung. Cara melatihnya adalah dengan cara melakukan latihan berupa lari-lari kecil di pagi hari sekitar 15 menit supaya napas akan terbentuk baik dan kuat saat dalam pementasan untuk melakukan aksi. Ada juga cara lain untuk melatih teknik berlari dan bernapas ini adalah posisi start berdiri tegak dan tarik napas dalam, lalu hembuskan napas sambil berlari sekitar 7 s.d. 10 meteran lalu ketika sampai akhir, hembuskan napas dengan berteriak sekeras mungkin. 

9. Melompat

Cara untuk melatih lompatan adalah dengan cara latihan melompat itu sendiri, contohnya kita berlari menuju suatu lompatan dan saat sampai di lompatan, rasakan tubuh kita dan pantulkan tubuh kita setinggi mungkin. Lakukan latihan tersebut berkali-kali agar mendapatkan hasil lompatan yang maksimal. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »