JENIS MAKANAN TERKAIT KESEHATAN DAN PERTUMBUHAN

Hai Sahabat Pandai Belajar! Asaalamualaikum bagaimana kabarnya? Semoga selalu diberikan kesehatan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari yaa. aamiin. Dalam kesempatan kali ini kami akan memaparkan penjelasan dengan pokok bahasan Jenis Makanan Terkait Kesehatan dan Pertumbuhan. Dalam pembahasan kali ini terdapat beberapa subbagian yang akan dibahas yaitu, Makanan Sehat, Pengertian Makanan Sehat, Zat Makanan Sehat yang Dibuthkan Tubuh, Manfaat Makanan Sehat, Unsur-unsur Makanan Sehat (Zat Pembangun, Zaat Tenaga, dan Zat Pengatur), Minuman Sehat, Gizi Seimbang, Empat Sehat Lima Sempurna, serta Gangguan Kesehatan yang Terjadi Karena Kurangnya Asupan Gizi Sempurna. Langsung saja kita simak pembahasan di bawah ini!!

www.pandaibelajar.com


JENIS MAKANAN TERKAIT KESEHATAN DAN PERTUMBUHAN


Makanan Sehat



A. Pengertian Makanan Sehat


    Tubuh manusia pastilah memerlukan suatu asupan makanan yang bergizi dan sepadan dengan aktivitas yang dikerjakan oleh pelakunya. Asupan makanan yang bergizi mampu menopang dan memberikan energi untuk aktivitas di dalam kehidupan manusia sehari-hari. Arti dari kata Sehat sendiri adalah bagus atau baik secara keseluruhan badan dan tubuh serta seuruh bagian-bagiannya, bebas dari rasa sakit atau penyakit, dan waras secara akal dan pikiran. 
   Makanan yang termasuk di dalam makanan yang sehat untuk dikonsumsi manusia adalah semua jenis makanan yang mengandung unsur zat-zat yang dibutuhkan tubuh dalam kegiatan sehari-hari atau keperluan tubuh lainnya seperti, regenerasi kulit, regenerasi sel, pencegahan penyakit, dan lain sebagainya. Makanan yang dikategorikan termasuk asupan yang sehat juga berarti tidak mengandung bibit penyakit atau racun di dalamnya. Akan tetapi, porsi dari makanan sehat yang dibutuhkan setiap manusia akan berbeda beda sesuai dengan sikap dan pola makannya serta aktivitas orang tersebut. Asupan makanan sehat juga sangat berhubungan erat dengan pola hidup, jadi makanan yang mengandung gizi harus dibarengi degan upaya dari diri kita sendiri untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan dirinya masing-masing.
B. Zat Makanan Sehat yang Dibutuhkan Tubuh

     Manusia sangatlah membutuhkan asupan zat makanan yang bergizi yang akan selalu dipergunakan oleh tubuh atas dasar keperluan tubuh setiap manusia sehingga dapat beraktivitas dengan normal. Karena berdasarkan hal itu, maka tubuh kita harus diberi asupan makanan yang bergizi dan sehat. Unsur-unsur di dalam makanan sehat yang diperlukan tubuh manusia adalah protein, karbohidrat, lemak, mineral, yodium, vitamin, air yang seimbang, dan lain sebagainya.
  1. Protein. Protein diperlukan oleh tubuh terutama pada bagian jaringan otot gerak, jantung, alat-alat yang mengandung otot polos, kulit, dan sel darah merah.
  2. Zat lemak. Zat ini juga dibutuhkan oleh tubuh, lemak terdapat pada bawah kulit, disekitar jaringan otot, rongga-rongga dinding badan, dan juga jaringan saraf dan otak.
  3. Karbohidrat atau disebut juga dengan hidrat arang. Merupakan zat gula yang ada di dalam tubuh dan sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi utama. 
  4. Air. Sangat dibutuhkan karena terdapat di hampir setiap jaringan di dalam tubuh manusia.
  5. Mineral. Terletak pada tulang belulang manusia.
  6. Vitamin. zat ini dibutuhkan oleh seluruh tubuh manusia.
  7. Zat besi. terdapat pada sel darah merah.
  8. Yodium, terletak pada kelenjar gondok.
  9. Zat kapur. Terdapat di dalam darah.
C. Manfaat Unsur-unsur Makanan

     Zat-zat yang terkandung pada makanan mempunyai fungsi dan manfaat yang berbeda-beda bagi tubuh setiap manusia. Ada tiga zat yang menjadi kmponen penting dalam unsur makanan yaitu sebagai berikut.
  1. Zat Tenaga
    Sumber dari makanan yang menghasilkan zat tenaga ini adalah karbohidrat, lemak, dan protein. Unsur-unsur tersebut terdapat pada nasi, jagung, umbi-umbian, telur, daging, dan sebagainya.
  2. Zat Pembangun
    Di dalam makanan sehat terdapat zat pembangun untuk keperluan tubuh manusia. Makanan yang mengandung zat pembangun adalah makanan yang mengandung Protein, mineral, dan air.
  3. Zat Pengatur
    Makanan sehat yang di dalamnya terdapat suatu zat pengatur yang baik untuk tubuh adalah makanan yang mengandung vitamin-vitamin, mineral, dan air. 
D. Minuman Sehat 

     Setelah asupan makanan sehat terpenuhi, jangan dilupakan juga dengan minuman yang sehatyang akan memenuhi kebutuhan air dan mineral dalam tubuh. Air minum yang sehat adalah air yang mengandung mineral-mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Sama seperti makanan sehat, air minum yang sehat juga berarti bebas dari bibit penyakit dan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh manusia. Di bawah ini terdapat syarat air minum bersih yang layak diminum dan termasuk ke dalam air minum yang sehat, sebagai berikut.
  1. Air harus jernih dan tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa atau disebut juga dengan air yang memenuhi standar persyaratan fisis.
  2. Air yang layak dimunum adalah air yang tidak mengandung zat-zat yang membahayakan tubuh manusia, seperti zat tembaga, seng, atau alkohol.
  3. Air yang memnuhi persyaratan standar kimiawi.
  4. Tidak mengandung benih-benih penyakit atau racun yang membahayakan yubuh manusia
  5. Cukup memenuhi zat mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.
E. Gizi Seimbang 

     Makanan dan minuman sehat yang menjadi asupan bagi tubuh kita sebaiknya diperhatikan dalam hal keseimbangan giziyang terkandung di dalamnya, karena jika kekurangan atau kelebihan zat yang dibutuhkan akan mengakibatkan hal yang kurang baik bagi tubuh manusia yang mengonsumsinya. Gizi seimbang adalah susunan menu yang dianjurkan dan seimbang bagi tubuh manusia yaitu, sebagai berikut:
  1. Cukup kalori atau disebut juga energi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
  2. Cukup protein untuk memenuhi keperluan tubuh sehari-hari dan juga untuk pertumbuhan,
  3. Cukup lemak, untuk keperluan tubuh dan untuk menggunakan vitamin-vitamin supaya terlaut.
  4. Cukup akan vitamin dan mineral untuk sehari-hari dan untuk pertumbuhan dan perkembangan.
      Menu yang sehat seimbang ini lazim juga diseut dengan makanan atau hidangan 4 sehat 5 sempurna, yang terdiri atas:
  1. Makanan pokok (sumber karbohidrat).
  2. Lauk-pauk (sumber protein dan lemak).
  3. Sayuran (Sumber vitamin dan mineral).
  4. Buah-buahan (sumber vitamin)
  5. Susu ( sumber protein, vitamin, dan mineral).
F. Gangguan Kesehatan Akibat Gizi yang Kurang Sempurna

    Kekurangan unsur-unsur makanan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. Kekurangan gizi di dalam tubuh manusia jika berlangsung sangat lama atau dibiarkan begitu saja merebak ke seluruh tubuh akan menggangu pertumbuhan tubuh manusia serta menurunkan daya tahan tubuh manusia sehingga mudah terserang penyakit-penyakit. Maka dari itu kita haruslah mengkonsumsi selalu makanan yang sehat dengan formasi empat sehat lima sempurna. Hal itu lah yang sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh sehari-hari dalam beraktivitas ataupun untuk proses perkembangan dan pertumbuhan tubuh manusia itu sendiri. 








Share this

Related Posts

Previous
Next Post »