Gerak dalam Permainan Musik (Makna Gerak dalam Permainan Musik)

Hallo, Assalamualaikum sahabat PandaiBelajar! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Gerak dalam Permainan Musik dan Makna Gerak dalam Permainan Musik. Langsung saja mari kita simak pembahasan di bawah ini! 

www.pandaibelajar.com


GERAK DALAM PERMAINAN MUSIK

Gerakan tubuh yang dilakukan musisi atau pemusik dalam pentas seringkali dilakukan seseorang ketika dirinya tampil dalam suatu acara yang diiringi dengan permainan musik yang cukup menggugah. Biasanya, acara-acara seperti itu mengangkat dan menggunakan tema tertentu yang diusung dalam sebuah pentas. Namun, apa pun tema acara yang diusung tersebut, peserta yang hadir dalam acara tersebut yang turut serta dalam acara tersebut akan melibatkan gerakan-gerakan yang ditimbulkan dari alunan muik tertentu yang dapat dipandang sebagai simbol dalam muik. Bagi para penonton atau para penikmat musik, gerakan-gerakan itu seringkali dihubungkan dengan nilai-nilai estetik dalam masyarakat sekitar, dan biasanya gerakan tersebut diambil dari mana peserta tersebut berasal.

Tubuh akan merespon permainan musik dalam penta yang terdengar melalui gerakan, seperti gerakan tangan, kaki, dan kepala. Dalam permainan musik terebut, gerakan seluruh anggota badan itu dilakukan dengan cara-cara yang berbeda-beda dan dengan cara tertentu yang dipandang sesuai dengan nilai-nilai keindahan dalam masyarakat di dalam itu sendiri. Hal ini dapat dipahami karena gerakan-gerakan tubuh seseorang yang ditimbulkan dari ekspresi diri dari alunan musik dipandang sebagai salah satu pola perilaku manusia yang dipelajari orang tersebut dalam lingkungan masyarakatnya, termasuk dalam lingkungan keluarganya sendiri. 

Gerakan tubuh seseorang atau individu dalam permainan musik tidak hanya menimbulkan atau memperlihatkan nilai-nilai estetik suatu masyarakat di daerah itu, tetapi juga memperlihatkan hubungan antara kesesuaian pola gerakan yang terbentuk dengan alunan musik yang ada, khususnya pada bagian tempo dan irama. Pada bagian ini kita lebih khusus mempelajari pola-pola ragam gerak tangan, kaki, badan, dan kepala yang ditimbulkan oleh individu dalam sebuah pentas pertunjukan musik yang ada pada saat itu. 


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »