TEKS PROSEDUR KOMPLEKS ( Pengertian, Struktur Teks, Ciri Kebahasaan dan contoh Teks Prosedur )

Halo sahabat Pandai Belajar. Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang Teks Prosedur Kompleks. Sahabat pastinya sudah pernah melalui sebuah proses/prosedur. Sahabat pasti pernah dong mengambil uang dari ATM. Apakah uang keluar dari ATM tanpa kita melakukan apa-apa? Tentu tidak. Sahabat pasti harus memilliki kartu ATM, lalu masukin kartunya, kemudian keluar deh uangnya. Garis besar nya seperti itu, tapi inti nya kita harus melakukan tahap demi tahap untuk mengambil uang dari ATM. Lalu apa hubungannya Teks Prosedur dengan mengambil uang? Mari kita simak uraian berikut mengenai Pengertian, Struktur Teks, Ciri Kebahasaan dan contoh Teks Prosedur.

Pengertian Teks Prosedur Kompleks
Teks Prosedur adalah Teks yang berisi langkah-langkah atau tahapan yang kita harus tempuh untuk mencapai suatu tujuan. Jadi jika Sahabat ingin mengambil uang maka ada tahapan tahapan yang harus sahabat tempuh. Jika ada tahapan yang tidak terpenuhi maka  kawan tidak akan bisa mengambil uang Sahabat.

Struktur Teks Prosedur Kompleks
Teks Prosedur memiliki dua struktur yaitu Tujuan dan Langkah-langkah, untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan struktur tujuan dan langkah-langkah pada teks prosedur mari kita simak ulasan berikut :

  • Tujuan, pada bagian ini berisikan maksud dari penulis untuk menentukan  hasil akhir yang akan dicapai. misal suatu teks prosedur berjudul cara membuat Nasi goreng kambing yang lezat maka tujuannya adalah untuk membuat nasi goreng kambing yang lezat harus diperhatikan rempah rempah yang digunakan dalam pembuatan agar nasi goreng kambing yang hasilkan akan lezat.
  • Langkah-langkah, pada bagian ini berisi cara-cara atau urutan proses dalam melakukan satu hal, biasanya pada bagian ini terdapat kata pengurutan seperti, Pertama, kedua, ketika,selanjutnya, setelah itu, dan lain-lain.
Ciri Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks
Seperti teks lainnya,  Teks Prosedur juga memiliki ciri kebahasaan, yaitu :

  • Partisipan manusia secara umum, seperti penulis, teknisi, anda, dan banyak contoh lainnya. Intinya partisipan manusia itu adalah seseorang yang berpartisipasi dalam melakukan sesuatu.
  • Verba Material, sebuah kata kerja yang berimbuhan pada sebuah tindakan yang dilakukan oleh fisik orang yang melakukan. Contohnya : memeluk, menendang, memukul, dan lainnya.
  • Verba Tingkah Laku, sebuah kata kerja yang mengacu pada tindakan yang dilakukan dengan ungkapan. Contohnya : menolak. mendukung, merasa, dan lainnya.
  • Konjungsi Temporal, kata penghubung yang berhubungan dengan waktu. Conntoh :jika, apabila, seandainya, sebelumnya, selanjutnya.
  • Kalimat Imperatif, kalimat yang digunakan untuk melarang atau memerintahkan pembaca untuk melaksanakan sesuatu.
  • Kalimat deklaratif, kalimat yang menyatakan sebuah pernyataan yang berfungsi untuk memberikan informasi atau peristiwa tentang sesuatu.
  • Kalimat Interogatif, kalimat yang berisi pertanyaan.


Contoh Teks Prosedur

Cara Menyalakan Komputer

Di dunia yang sangat maju ini kehidupan manusia tidak akan jauh dari komputer, setiap pekerjaan yang ada selalu berkaitan dengan komputer bahkan seperti yang kita ketahui Indonesia sekarang sedang melaksanakan Ujian Nasional berbasis komputer.

Pertama, pastikan kabel power terpasang pada bagian daya komputer (PSU) terpasang dengan benar.
kedua, colokan kabel pada stop kontak.
Ketiga, Hidupkan monitor dengan menekan tombol power pada monitor.
Keempat, Hidupkan CPU dengan menekan tombol power pada CPU.
Kelima, Tunggu hingga proses booting selesai sampai muncul layar utama (dekstop) dan komputer siap dipakai.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »