BESARAN DAN SATUAN : Pengertian Besaran dan Satuan, Pengukuran

Hai Sahabat Pandai Belajar, kali ini admin akan membahas pelajaran Fisika yaitu tentang Besaran dan Satuan. Mungkin sahabat sekalian sekilas telah mengetahui mengenai Besaran dan Satuan tapi tidak salah dong kalo kita memperlajarinya lebih lanjut? Sebenarnya apa sih Besaran dan Satuan itu? Yuk kita simak Peta konsep berikut!
www.Pandaibelajar.com


Pengertian Besaran dan Satuan
Besaran adalah segala hal yang dapat dihitung atau diukur dan dinyatakan dalam angka atau nilai dengan satuan satuan tertentu. Ada beberapa syarat untuk menentukan suatu hal/ benda dapat dikatakan sebagai besaran yaitu : Benda tersebut dapat dihitung atau di ukur, memiliki nilai dan memiliki satuan.
Satuan adalah suatu pengukuran besaran atau pembanding yang digunakan untuk menyatakan ukuran besaran, setiap besaran memiliki satuannya masing masing yang berbeda.

Pengukuran
Pengukuran adalah sebuah kegiatan untuk menentukan Besaran, panjang, lebar, kapasitas atau dimensi suatu benda, hampir semua hal dapat diukur segala sesuatunya baik panjang, lebar, kecepata, luas dan yang lainnya. Nah kali ini admin akan membahas mengenai Pengukuran Panjang, Pengukuran Massa, Pengukuran Waktu

A. Pengukuran Panjang
  1. Pengukuran Panjang dengan Penggaris
    Penggaris digunakan untuk menentukan atau mengukur panjang suatu benda. Skala terkecil dalam penggaris yaitu 0,1 cm atau 1 mm. segala jenis alat pengukur pastinya memiliki ketelitian atau ketidakpastian 0,5 mm atau 0,05 cm, ketidakpastian ini menentukan kesalahan seseorang dalam mengukur sesuatu.
  2. Pengukuran Panjang dengan Jangka Sorong
    Jangka Sorong adalah suatu benda yang digunakan untuk mengukur panjang benda, namun tidak semua ukuran dapat diukur menggunakan Jangka Sorong, Maksimal panjang yang dapat diukur adalah 10 cm. Bagian pada jangka sorong ada dua yaitu bagian rahang tetap dan rahang geser. Selain ada dua bagian jangka sorong, benda ini juga memiliki dua skala yaitu sekala utama dan skala nonius. Skala terkecil dari jangka sorong adalah 0,1 mm atau 0,01 cm, sedangkan ketelitian atau ketidakpastian dari jangka sorong yaitu 0,05 mm atau 0,005 cm,
    www.pandaibelajar.com
    Bagian-bagian Jangka Sorong
  3. Pengukuran Panjang dengan Mikrometer Sekrup
    Mikrometer Sekrup sesuai dengan namanya "Mikro" merupakan suatu benda yang digunakan untuk mengukur panjang atau bisa juga untuk mengukur ketebalan suatu benda yang memiliki ukuran maksimal 25 mm atau 2,5 cm. Mikrometer Sekrup memiliki dua skala yaitu skala utama yang tertera pada selubung mikrometer sekrup dan skala nonius tertera pada selubung luar, skala terkecil dari mikrometer sekrup adalah 0,01 mm atau 0,001 cm. Ketelitian atau ketidapastian mikrometer sekrup 0,005 mm atau 0,0005 cm.
    www.pandaibelajar.com
    Bagian-bagian Mikrometer Sekrup
B. Pengukuran Massa
     Massa adalah salah satu dari besaran yang memiliki satuan berat paling besar Ton dan paling kecil ons. Massa dapat diukur dengan menggunakan neraca. Neraca ada beberapa jenis yaitu Neraca Ohaus, Neraca Lengan dan Neraca Dacin.
  1. Neraca Ohaus
    Neraca Ohaus adalah suatu jenis neraca yang digunakan untuk menimbang dalam kegiatan percobaan di laboratorium. Neraca ohaus memiliki tiga lengan yaitu lengan belakang, lengan tengah, lengan lengan depan. Masing-masing dari lengan pada neraca ohaus memiliki skala yang berbeda-beda, lengan belakang berskala antara 0-500 gram, lengan tengah berskala antara 0-100 gram, lengan depan berskala antara 0-10 gram. Skala terkecil yang dimiliki neraca ohaus yaitu 0,1 gram, Pada setiap Lengan terdapat sebuah pemberat yang dapat digeser agar posisi lengan dan massa pada piringan seimbang. Penentuan massa suatu benda pada neraca ohaus dengan cara menjumlahkan angka yang ditunjukkan oleh setiap pembanding ketika piringan sudah seimbang.
    www.pandaibelajar.com
  2. Neraca Lengan
    Neraca Lengan juga merupakan salah satu dari jenis neraca yang digunakan untuk menimbang. Neraca lengan memiliki dua lengan yang dibuat seimbang. Dalam neraca ini terdapat pula dua piringan dan masing-masing memiliki kegunaan tersendiri. Piringan Pertama digunakan untuk meletakkan benda yang akan diukur, sedangkan piringan kedua digunakan untuk meletakkan beberapa anak timbangan. Massa suatu benda dapat diketahui pada neraca lengan apabila lengan yang digantungi piringan pertama seimbang dengan lengan yang digantungi pada piringan kedua, oleh karena itu besarnya suatu massa yang didapat pada saat menggunakan neraca lengan dengan cara menjumlahkan anak timbangan.
    www.pandaibelajar.com
  3. Neraca Dacin
    Neraca Dacin merupakan salah satu dari sekian banyak jenis neraca, sobat pandaibelajar sekalian pasti pernah dong melihat neraca ini? Neraca ini sering dipakai dipasar sobat sekalian. Neraca ini juga digunakan untuk menimbang, biasanya massa yang ditimbang adalah massa beras, massa daging, massa anak di posyandu atau hal lain yang beratnya KiloGram. Neraca Dacin ini berbentuk tongkat panjang yang terbuat dari besi, pada tongkat tersebut terdapat anak timbangan yang dapat digeser sepanjang tongkat tersebut. Nilai massa yang didapat pada neraca dacin diukur sesuai letak pergeseran anak timbangan pada tongkat.
    www.pandaibelajar.com
C. Pengukuran Waktu
     Dalam pengukuran waktu alat yang lazim atau sering digunakan adalah stopwatch, stopwatch terdiri dari dua macam yaitu stopwatch analog dan stopwatch digital. Waktu yang diukur stopwatch digital dapat diketahui dengan melihat nilai yang tertera pada stopwatch, sedangkan pada stopwatch analog waktu yang diukur dapat diketahui dengan melihat jarum panjang menunjukkan detik, sedangkan jarum pendek menunjukkan menit.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »