TEKS ANEKDOT : Pengertian Teks Anekdot, Tujuan Teks Anekdot, Struktur Teks Anekdot, Ciri ciri Teks Anekdot, COntoh Teks Anekdot Beserta Strukturnya

Hai sahabat Pandai Belajar, udah lama nih admin engga ngepos pelajaran maaf ya soalnya admin sibuk haha. Baiklah kali ini admin akan membahas mengenai Teks Anekdot, teks anekdot merupakan salah satu materi pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 sahabat sekalian. Nah apa pengertian Teks Anekdot itu sendiri? mari kita simak penjelasannya lebih lanjut!

Pengertian Teks Anekdot
Teks Anekdot adalah cerita pendek atau singkat yang menarit karena cerita ini bersifat lucu dan mengesankan, biasanya cerita ini mencceritakan orang penting atau terkenal dan berdasarkan pada kejadian yang nyata atau sebenarnya. Namun ada juga pengertian lain yaitu teks anekdot tidak harus berdasarkan pada kenyataan, anekdot juga dapat berupa cerita rekaan. Selain itu, peristiwa yang membuat jengkel partisipan yang mengalaminya bisa disebut juga Teks Anekdot loh sobat Pandai Belajar.

www.pandaibelajar.comTujuan Teks Anekdot
Setiap Teks pasti memiliki tujuan untuk apa teks tersebut dibuat, sama seperti teks lainnya Teks Anekdot juga memiliki tujua yaitu teks digunakan untuk menyuarakan atau menyampaikan kritik atau lelucon dibidang layanan publik. Bidang yang dicakup dalam layanan publik sangatlah luas seperti bidang sosial, politik, hukum, budaya, transportasi, administrasi, lingkungan dan juga pendidikan.

Struktur Teks Anekdot
Untuk membentuk suatu teks pastilah harus ada yang namanya struktur Teks, Struktur Teks ini berfungsi agar tidak terjadi kesalahan penulisan dan agar teks yang akan dibuat dapat tersusun atau terstruktur dengan baik. Nah sekarang apa sih struktur yang menyusun Teks Anekdot itu? yuk kita simak. Struktur Teks Anekdot :

  • Abstraksi = Paragraf pertama atau bagian pertama dalam Teks Anekdot yang berfungsi untuk menggambarkan isi teks.
  • Orientasi = Bagian awal yang menceritakan atau menyajikan sebuah permulaan, kejadian atau latar belakang peristiwa dalam Teks Anekdot.
  • Krisis = Bagian paragraf yang akan memunculkan rangkaian permasalahan yang ada pada teks anekdot, biasanya permasalahan ini terjadi pada orang yang diceritakan.
  • Reaksi = Bagian paragraf yang menceritakan sebuah penyelesaian masalah dimana dalam paragraf ini menjadi titik terang untuk mengakhiri perkara atau permasalahan dalam teks anekdot yang muncul pada bagian krisis.
  • Koda = Bagian akhir yang berisikan sebuah kesimpulan mengenai kejadian yang terjadi pada tokoh.
Ciri-ciri Teks Anekdot
  1. Dikarenakan teks anekdot ini biasanya menceritakan orang tekenal maka Teks Anekdot ini memiliki sifat menyindir
  2. Teks Anekdot kadang bersifat mengkritik
  3. Memiliki sifat cerita yang menggelitik
  4. Teks Anekdot juga bersifat lelucon atau humor
  5. Teks ini berdasarkan imajinasi, terkadang juga berdasarkan kepada kejadian yang sebenarnya
  6. Umumnya menceritakan hewan dan manusia
Contoh Teks Anekdot beserta strukturnya
Budaya Menyerobot
Struktur
Kalimat
Abstraksi
Beberapa hari setelah hari raya idul fitri di sore hari. Yugi sedang mengobrol kesana kemari dengan sang kakak ipar dan saudara yang berkunjung ke rumahnya. Suadara Yugi menetap di Purwokerto, karena kebetulan sengaja berkunjung ke Jakarta untuk menikmati sisa libur lebaran yang ia punya.
Orientasi
Kemudian obrolan mereka bertiga sampai pada pembahasan mengenai riak dan pernik mudik saat lebaran. Ia bercerita mengenai betapa banyak pengemudi jalan raya tidak mematuhi aturan lalu lintas yang ada. Contoh saja mengenai seringnya mengabaikan keselamatan, missal satu sepeda dinaiki 5 orang. Juga aksi kebut-kebutan yang membahayakan banyak orang.
Krisis
Ia juga bercerita bahwa di Purwokerto kalai ada orang yang main serobot aja di lampu merah di suasana lebaran, pasti ada yang mengatakan “Itu pasti pemudik dari Jakarta!”
Reaksi
Aksi serobot lampu merah ini memang seperti budaya sendiri di Jakara. Banyak pengguna jalan yang kurang peduli pada rambu-rambu lalu lintas yang seharusnya ditaati. Ada peluang sedikit saja, langsung main serobot, melanggar lalu lintas.
Koda
Tingginya angka kecelakaan di kala musim mudik ini memang disebabkan karena budaya melanggar lalulintas

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »