Wawasan Nusantara: Politik Kewilayahan Bangsa dan Negara Indonesia

Halo, sahabat Pandai Belajar! Kali ini kita akan membahas terkait Wawasan Nusantara. Pembahasan ini terdapat pada materi kelas 11 SMA/SMK sederajat. Materi kali ini memiliki dua subbab, yaitu Konsep Wawasan Nusantara dalam Ranah Geopolitik dan Cara Pandang Bangasa Indonesia berdasarkan Wawasan Nusantara secara Geopolitik. 

Tidak usah berlama-lama, mari simak dengan seksama pambahasan kali ini! Semoga bermanfaat.

A. Konsep Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara merupakan wawasan yang wajib diketahui seluruh bangsa Indonesia. Wawasan ini berwujud wawasan nasional yang bersumber langsung dari Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Wawasan nusantara juga dikenal sebagai politik kewilayahan bansa dan negara Indonesia. Dalam praktiknya, wawasan nusantara dianggap sebagai cara pandang dan sikap setiap warga negara terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitarnya dengan mengutamakan persatuan antarbangsa serta kesatuan bangsa dan wilayah dalam menjalani kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Secara singkat, wawasan nusantara adalah suatu wawasan yang menjaga kesatuan dan keutuhan seluruh bangsa dan wilayah Indonesia. Atas dasar itu, kita sebagai bangsa Indonesia, dituntut untuk memahami benar wawasan ini demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

B. Cara Pandang Bangsa Indonesia dalam Menerapkan Wawasan Nusantara

Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa wawasan nusantara merupakan cara pandang dan sikap bangsa Indonesia untuk menjaga keutuhan dan kesatuan. Maka dari itu, kita harus tahu bagaimana cara kita bersikap guna menerapkan wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia. Berikut cara pandang bangsa Indonesia dalam menerapkan wawasan nusantara.

1. Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Politik

Pulau-pulau di Nusantara yang merupakan suatu kekayaan nasional merupakan satu kesatuan wilayah, wadah, ruang hidup seluruh bangsa Indonesia, serta menjadi modal dan milik bersama bangsa Indonesia dalam bingkai persatuan demi menjaga keutuhan. Selain itu, kepulauan yang ada di Indoneisa juga menggambarkan bahwa bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku, agama, bahasa, memluk keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa merupakan kesatuan yang final dan luas seluas kepulauan yang ada di Nusantara. 

Meski antarbangsa dipisahkan oleh pulau-pulau, secara psikologis, kita adalah bangsa yang satu, harus merasa satu nasib sepenanggungan, sebangsa, dan setanah air, serta harus selalu tertanam memperjuangkan cita-cita bangsa agar terwujud berdasar kepada Pancasila dan UUD 1945. Hal tersebut juga menyiratkan bahwa Pancasila satu-satunya falsafah serta ideologi bangsa dan negara yang melandasi selurug warga negara dalam mencapai cita-cita negara.

Kehidupan politik di seluruh wilayah Nusantara merupakan kesatuan politik yang diselenggarakan berdasarkan Pansila dan UUD 1945. Artinya, bahwa seluruh kepulauan nusantara memiliki kesatuan hukum, yaitu mengabdi kepada kepentingan nasional. Hal ini juga mengartikan bahwa bangsa Indonesia hidup berdampingan dengan bangsa lain, ikut berpartisipasi aktif dalam ketertiban dunia, kemerdekaan, dan perdamaian, serta keadilan sosial melalui politik bebas aktif yang diterapkan dalam sistem politik Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang dilaksanakan atas dasar kepentingan nasional demi kebaikan bangsa Indonesia. 

2. Kepulauan Nusantara sebagai Kesatua Ekonomi

Seluruh kekayaan wilayah nusantara adalah milik seluruh bangsa Indonesia sebagai modal keperluan sehari-hari yang merata di seluruh tanah air. Kepulauan Indonesia juga menyiratkan bahwa perkembangan ekonomi harus berjalan seimbanf dan tidak ada ketimpangan di seluruh daaaaerah dengan mengembangkan potensi masing-masing daerah di Indonesia. Hal itu menandakan bahwa perekonomian di seluruh wilayah Indonsia merupakan kesatuan ekonomi yang diselenggarakan atas dasar kepentingan dan usaha bersama demi kemajuan peradaban bangsa. 

3. Kepulauan Nusantara sebagai Kesatuan Sosial Budaya

Dalam konteks sosial budaya, seluruh masyarakat Indonesia adalah satu, kehidupan yang serasi dengan perwujudan kemajuan yang setara, merata, dan berjalannya keselarasan dan toleransi kehidupan sesuai dengan kemjuan bangsa. Ragam corak dan budaya merupakan gambaran betapa kayanya Indonesia yang dimanfaatkan sebagai modal dan landasan pengembangan budaya seluruh bangsa guna dinikmati oleh seluruh bangsa Indonesia.

4. Kepulauan Indonesai sebagai Kesatuan Pertanhanan dan Kemanan

Seluruh ancaman, baik terhadap satu daerah maupun nasional, hakikatnya adalah ancaman bagi seluruh bangsa dan negara dilandasi dengan kesamaan nasib demi pertahanan nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini juga menyiratkan bahwa setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama rata dalam membela negara agar tetap utuh.       



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »