TEKS DESKRIPSI LENGKAP (Pengertian, Tujuan, Struktur Teks Deskripsi, Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi, Ciri Teks Deskripsi, Contoh Teks Deskripsi

Assalamualaikum, halo sahabat sekalian! Kali ini mimin akan membahas materi Teks Deskripsi. Teks Deskripsi merupakan salah satu bab yang ada pada pelajaran Bahasa Indonesia. Adapun hal yang akan dibahas pada kesempatakan kali ini mencakup Pengertian Teks Deskripsi, Tujuan Teks Deskripsi, Struktur Teks Deskripsi, Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi, Ciri-ciri Teks Deskripsi dan juga admin akan memberikan Contoh Teks Deskripsi. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang Teks Deskripsi!.


Teks Deskripsi merupakan sebuah teks atau paragraph yang menjelaskan atau memaparkan sebuah objek tertentu melalui untaian kata dan susunan kalimat yang menarik dan merangsang panca indra sehingga pembaca seolah – olah merasakan atau menyaksikan sendiri objek yang di deskripsikan. Teks deskripsi biasa digunakan untuk menjelaskan suatu objek, tempat, kondisi ataupun suasana. Umumnya teks deskripsi yang beredar dalam bentuk cetak atau pun tertulis. Dalam teks deskripsi penulis akan memindahkan presepsi, kesan atau pandangan dari hasil observasinya kepada pembaca sesuai dengan kata hatinya dan imajinasinya. Dengan artian lain penulis akan menciptakan sensasi inra pembaca dalam menghasilkan kesan berdasarkan daya nalar dan imajinasi sang penulis.

Tujuan Teks Deskripsi
Teks deskripsi yang dibuat oleh seorang penulis memiliki tujuan yang sama yakni untuk memberikan penjelasan kepada pembaca mengenai suatu objek secara utuh agar mereka dapat dengan tepat memahami topic yang disajikan dalam teks deskripsi. Teks deskripsi yang dibuat merupakan hasil dari sebuah pengamatan atau observasi. Hal inilah yang menyebabkan teks deskripsi memiliki informasi yang jelas mengenai suatu benda atau objek sesuai dengan data dan fakta yang diperoleh oleh penulis.

Struktruk Teks Deskripsi

  • Identifikasi, penentuan dari identitas suatu objek yang akan dijelaskan pada teks deskripsi.
  • Klasifikasi, unsure penyusun yang bersistem dalam suatu kelompok atau standar yang sebelumnya sudah ditetapkan.
  • Desripsi, gambaran atau penjelasan suatu objek atau topic dalam teks deskripsi.


Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

  • Menggunakan kata benda sesuai dengan topic yang dibicarakan dalam sebuah teks deskripsi seperti rumah, pohon sekolah, teman, baju, guru, dan lain sebagainya
  • Menggunakan frase yang mengandung kata benda seperti “ Ia adalah ketua OSIS yang sangat bertanggungjawab terhadap tugas nya”
  • Mengandung kata sifat yang menggambarkan sebuah objek seperti rajin, dua sepatu hitam dan lain sebagainya
  • Memiliki kata kerja untuk mengungkapkan pikiran dan pandangan penulis secara pribadi akan objek yang dijelaskan dalam teks deskripsi
  • Megandung kata keterangan yang memberikan informasi tambahan mengenai objek yang dijelaskan dalam teks deskripsi
  • Mengandung bahasa kiasan berupa perumpamaan atau metafora untuk membuat teks deskripsi menjadi semakin nyata dan dapat dirasakan oleh para pembaca


Ciri Teks Deskripsi

  • Menggambarkan, memaparkan dan menjabarkan suatu objek secara detail dan utuh.
  • Melibatkan panca indra ( pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecapan, perabaan ). Sehingga pembaca dapat merasakan objek yang dijelaskan oleh penulis dengan jelas meskipun pembaca tidak sedang melihat atau mengalami apa yang dijelaskan dalam teks deskripsi yang dibuat.
  • Menjelaskan ciri – ciri dan sifat objek tertentu secara terperinci seperti bentuk, ukuran, kepribadian, warna.
  • Banyak ditemukan frasan yang bermakna kata sifat atau keadaan
  • Teks deskripsi memerlukan data – data yang valid berupa fakta yang logis dan sesuai dengan realita sebagai ilustrasi untuk memaparkan objek.
  • Teks deskripsi menerapkan pola pengembangan urutan ruang yang mengharuskan penulis memaparkan suatu keadaan atau kondisi, peristiwa, dan informasi lain dalam teks deskripsi berdasarkan objek yang diamati.


Contoh Teks Deskripsi

Contoh 1
Budi sangat gemar mengoleksi batu akik. Ia memiliki berbagai macam jenis batu akik, namun ia menyukai satu diantaranya yang memiliki warna merah menyala seperti api. Batu akik ini akan menyilaukan mata ketika terkena sinar matahari. Tidak hanya itu batu akik ini juga sangat unik karena dapat menyala dalam kondisi ruangan yang gelap sekalipun. Bentuknya yang bulat dan terlihat Nampak mewah dan elegan membuat budi sangat mengagumi keindahan batu akik yang satu ini.

Contoh 2
Nasi goreng merupakan salah satu makanan khas yang sering ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Disajikan dalam berbagai varian rasa yang dapat disesuaikan dengan keinginan para konsumen. Aroma khas dari bumbu nasi goreng akan membuat siapapun yang menciumnya merasa kelaparan. Nasi Goreng pada umumnya memiliki warna coklat khas dari kecap, namun ada juga yang memiliki warna kuning, ungu, merah, kuning dan hitam warna – warna tersebut baru – baru ini muncul di public. Biasanya nasi goreng dihidangkan dengan telor ceplok dan tambahan sayuran pemanis seperti tomat dan mentimun.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »