KETERAMPILAN RENANG GAYA BEBAS (Analisis Gerakan, Teknik Renang, dan Bentuk Latihan Renang Gaya Bebas)

Hai Assalamualaikum sahabat Pandai Belajar, dalam artikel sebelumnya sudah dibahas tentang Ketermpilan Renang Gaya Dada. Nah, kali ini kami akan membahas tentang Keteralpilan Renang Gaya Bebas, yang meliputi materi bahasan yaitu, Gerak Renang Gaya Bebas, Posisi Tubuh Saat Berenang (Posisi Tangan, Posisi Kepala, Posisi Kaki, dan Posisi Badan), dan juga Teknik Renang Gaya Bebas yang di dalamnya terdapat materi Teknik Dasar Mengapung, Teknik Dasar Meluncur, Gerakan Kaki, Gerakan Lengan (Fase-fase Rotasi Lengan), Teknik Pernapasan, dan Koordinasi Saat Berenang. Dari pada bingung, langsung saja kita masuk ke materi pembahasan di bawah ini ya!!

www.pandaibelajar.com


KETERAMPILAN RENANG GAYA BEBAS

Gerak Renang Gaya Bebas

  Renang adalah salah satu dari berbagai aktivitas air yang diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan suatu gerakan yang baik dan teratur. Renang terdiri atas empat gaya yaitu, gaya dada, gaya bebas, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu, itulah gaya-gaya yang biasa diperlombakan dalam suatu perlombaan. Kali ini kami akan membahas tentang renang gaya bebas dan analisis gerakan yaitu, di bawah ini sebagai berikut.

A. Posisi Badan di Atas Air
 
  Posisi badan saat melakukan renang gaya bebas haruslah sangat diperhatikan dengan betul. Posisi badan yang baik saat melakukan gaya renang jenis ini adalah posisi badan haruslah sejajar dengan permukaan air atau biasa juga disebut dengan Streamline, yaitu ketika keadaan tubuh dirileksasikan, tubuh harus lurus sejajar dan rileks atau lemaskan tubuh agar tidak tenggelam. Posisi badan saat melakukan gerakan renang gaya ini sangat perlu perhatian karena jika melakukan gerakan posisi badan yang salah, maka akan mengurangi akselerasi dan kecepatan berenang. 
  • Tangan
    a. Pada saat tangan sebelah kanan melakukan gerakan masuk ke dalam air sampai benar-benar lurus ke depan sejaur arah mata memandang, saat itu juga tangan kiri melakukan tarikan atau dorongan ke belakang posisi tubuh.
    b. Setelah tangan melakukan gerak dorongan ke arah belakang, tangan diangkat ke atas permukaan air dengan posisi siku agak ditekuk mendekati telinga, kemudian setelah itu masukan tangan ke dalam air hingga lurus ke depan dan lakukan seperti itu seterusnya.
    c. Tangan kiri dan tangan kanan bergerak secara bergantian dan bergerak secara teratur.
  • Kepala
    a. Posisi kepala yang baik adalah menghadap ke bawah air atau melihat ke dasar kolam.
    b. Bagian kepala di batas telingan berada di atas permukaan air.
    c. Posisi saat mengambil napas. Jika mengambil napas dengan menegokan kepala ke arah kanan maka posisi tangan kiri harus lurus ke depan. Jika mengambil napas menengok ke arah kiri maka posisi tangan kanan lah yang lurus ke arah depan.
    d. Pada saaat sedang mengambil napas kepala tidak boleh diangkat ke depan.
  • Kaki
    a. Kaki digerkan secara bergantian dan beraturan antara kaki kanan dan kaki kiri yang digerkan ke atas dan ke bawah secara berirama. 
    b. Kaki digerakan berporos pada pangakal paha dan lutut tidak boleh ditekukan.
  • Badan
    Posisi badan tengkurap berada sejajar di atas permukaan air.
B. Teknik Renang Gaya Bebas
  1. Teknik Dasar Mengapung
    a. Berdiri di depan dinding kolam dengan air kolam sekitar setinggi perut.
    b. Tarik napas dalam-dalam, kemudian masukan kepala ke dalam air dengan sedikit dengan sedikit merebahkan tubuh ke depan dengan posisi tengkurap, lalu buanglah napas secara pelahan-lahan.
    c. Tubuh diusahakan tetap dalam keadaan rileks dan pertahankan di dalam air hingga napas habis lalu kembali ke permukaan.
  2. Teknik Dasar Meluncur
    a. berdiri di tepi kolam engan sikap yang membelakangi dinding kolam tersebut dan letakan salah satu kaki terkuat pada dinding di belakang untuk melakukan tolakan yang maksimal.
    b. Kedua lengan lurus ke atas ke depan dan tetap sejajar dengan permukaan air.
    c. Ambil napas dalam-dalam, lalu condongkan tubuh ke depan.
    d. Lakukan tolakan dengan kaki terkuat yang menempel pada dinding di belakang sehingga tubuh terdorong ke depan.
    e. Biarkan tubuh meluncur dan tunggu sampai berhenti.
  3. Gerakan Kaki
     Gerakan kaki dalam renang gaya ini sangatlah berperan penting dalam melakukan luncuran dan juga sebagai pengatur keseimbangan tubuh perenang.
    a. Kaki digerkan secara bergantian dan beraturan antara kaki kanan dan kaki kiri yang digerkan ke atas dan ke bawah secara berirama. 
    b. Kaki digerakan berporos pada pangakal paha dan lutut tidak boleh ditekukan.
  4. Gerakan Tangan atau Lengan
     Dalam gerakan renang gaya bebas ada beberapa fase rotasi pada lengan yaitu, sebagai berikut.
    a. Fase Masuk ke Permukaan Air, fase ini menggunakan ujung jari untuk masuk ke dalam air terlebih dahulu dan posisi telapak tangan yang menghadap kebawah. Masuk ke dalam air dengan ibu jari didahulukan dengan sudut kemiringan anatara 30-40 derajat.
    b. Fase Menangkap, fase ini dilakukan setelah fase masuk tangan ke dalam air telah selesai dilakukan.
    c. Fase Menarik yaitu, melakukan tarikan pada jari hingga tangan berada agak jauh dari garis pusat, lalu menarik jari tangan pada posisi mendekati garis pusat.
    d. Fase Mendorong yaitu, mendorong bagian bawah paha dengan potongan ibu jari menyentuh bagian samping paha.
  5. Teknik Pernapasan
     
    Latihan pernapasan sebaiknya dilakukan di darat terlebih dahulu, dengan cara melatih gerakan yang akan dikerjakan di air. Bisa juga dilakukan di dalam kolam dangakal dengan cara sebagai berikut.
    a. Salah satu dari lengan diarahkan lurus ke depan dan tetap sejajar dengan permukaan air.
    b. Jika Tangan kiri ke depan maka putarkan kepala ke arah kanan untuk mengambil napas dan sebaliknya, jika tagan kanan yang berdapa di depan maka arahkan kepala ke arah kiri untuk mengambil napas.
    c. Pengambilan napas dengan sekali memutar kepala baik ke arah kanan maupun ke arah kiri saja supaya gaya yang ditimbulkan tetap bergantian.
  6. Koordinasi Saat Berenang  Koordinasi gerakan dalam melakukan renang gaya bebas ini adalah dengan cara menggunakan seluruh fase-fase yang telah dijabarkan di atas yang dilakukan dengan cara bersamaan dalam suatu rangkaian gerakan yang secara bersamaan sehingga didapatkan gerakan renang gaya bebas yang baik dan benar yang dapat diaplikasikan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »