TEKS CERITA ULANG BIOGRAFI LENGKAP (Pengertian, Tujuan, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Ciri-ciri Teks Ceria Ulang Biografi)

Hai Sabahat PandaiBelajar! Di kesempatan kali ini kami akan mengulas Pelajaran Bahasa Indonesia, adapun bab yang akan dibahas yaitu Teks Cerita Ulang Biografi. Kami akan mengulas secara lengkap materi Teks Cerita Ulang biografi ini. Hal-hal yang akan dijelaskan kali ini diantaranya Pengertian Teks Cerita Ulang Biografi, Tujuan Teks Cerita Ulang Biografi, Struktur Teks Cerita Ulang Biografi, Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Ulang Biografi, Ciri-ciri Teks Ceria Ulang Biografi.Yak tanpa berlama-lama lagi, Let's Check this out!!

www.pandaibelajar.com
Nelson Mandella

Teks Cerita Ulang Biografi adalah sebuah teks yang menceritakan kembali kepada pembaca mengenai seorang tokoh yang berjasa berdasarkan bigrafi yang sudah pernah ada. Teks cerita ulang biografi merupakan salah satu teks cerita ulang faktual yang mengisahkan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain.

Tujuan Teks Cerita Ulang Biografi ialah teks ini bermanfaat bagi pembaca sebagai pelajaran yang berharga berdasarkan pengalaman seorang tokoh. Adapun bagi penulis untuk berbagi pengalaman tokoh-tokoh sukses kepada orang banyak (pembaca) dengan teks yang lebih ringkas daripada teks biografi aslinya.

Struktur Teks Cerita Ulang Biografi
Struktur teks merupakan bagian-bagian dari teks yang membangun teks itu sendiri. Bagian-bagian tersebut menjelaskan ciri bagian awal, inti, dan penutup teks dalam fungsi penyampaian tertentu. Adapun struktur yang membangun sebuah Teks Cerita Ulang Biografi yaitu :

  • Orientasi adalah bagian yang memberi pengenalan tokoh secara umum, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, latar belakang keluarga, serta riwayat pendidikan tokoh yang diangkat.
  • Urutan Peristiwa Kehidupan Tokoh adalah bagian yang menceritakan urutan peristiwa kehidupan tokoh yang pernah dialami sosok yang digambarkan meliputi peristiwa yang mengesankan, mengagumkan, menarik maupun mengharukan. Pada bagian ini terlihat berbagai pengalaman sang tokoh yang diceritakan, baik peristiwa yang mengesankan maupun persoalan yang dihadapinya.
  • Reorientasi adalah bagian akhir dari teks yang berisikan pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan. Bagian ini merupakan tahapan yang bersifat pilihan, artinya boleh saja bagian ini tidak disajikan oleh penulis teks cerita ulang biografi.
Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Ulang Biografi
Kaidah kebahasaan pada teks ini yaitu:
  1. Pronomina, dikenal juga dengan kata ganti merupakan kata yang digunakan untuk menggantikan benda dan menamai seseorang atau sesuatu secara tidak langsung, sepertinya "ia, mereka, -nya"
  2. Menggunakan kata yang menunjukkan apa, siapa, kapan, dimana, bagaimana.
  3. verba material, untuk menunjukkan aktivitas atau perbuatan nyata yang dilakukan oleh partisipan. Kata kerja material menunjukkan perbuatan fisik atau peristiwa, misalnya membaca, menulis, dan memukul.
  4. Verba Tingkat Laku, merupakan kata kerja yang mengacu pada sikap yang dinyatakan dengan berupa ungkapan perkataan atau verbal
  5. Kata yang menunjukkan kejadian atau peristiwa, waktu, dan tempat
  6. Keterangan waktu lampau, kata keterangan waktu yang menyatakan waktu yang lalu (sudah terlewat). 
  7. Konjungsi (kata sambung) temporal, Untuk menata urut-urutan peristiwa yang diceritakan, seperti ketika, kemudian, dan setelah. Namun, tidak tertutup kemungkinan bagi konjungsi lainnya untuk dimunculkan pada teks tersebut, seperti dan, tetapi, karena, dan meskipun.
  8. Kalimat simpleks, Kalimat yang hanya terdiri atas satu verba utama yang menggambarkan satu aksi, peristiwa, atau keadaan kerap terdapat dalam teks cerita ulang ataupun biografi ini.
Ciri-ciri Teks Cerita Ulang Biografi
Teks Cerita Ulang Biografi memiliki beberapa ciri-ciri yang membuat teks ini berbeda dan dapat dibedakan dengan jenis teks lainnya yaitu :
  • Hal yang dituangkan dalam teks cerita ulang biografi merupakan kisah hidup orang yang terkenal atau berpengaruh di dunia.
  • Dalam teks tersebut menceritakan kisah tokoh dengan lengkap, dimulai dari sang tokoh menjalani masa kecil sampai tua bahkan sampai meninggal (jika sang tokoh sudah wafat, jika belum maka tentu tidak ada)
  • Selain perjalanan hidup sang tokoh, dalam teks ini juga menceritakan kegiatan dan peristiwa yang dialami tokoh, ekspresi, ide, perasaan, dan pandangan hidup tokoh. Serta jasa dan keberhasilan sang tokoh.
  • Teks cerita ulang biografi lebih kompleks atau lebih lengkap dari pada biodata CV

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »